Jokowi: Susunan Kabinet Periode Mendatang Sudah Rampung Presiden Joko Widodo menyampaikan keterangan kepada wartawan seusai bertemu dengan 10 orang pimpinan MPR di Istana Merdeka Jakarta, Rabu (16/10) (Antara/Desca Lidya Natalia)

Merahputih.com - Teka-teki siapa saja tokoh yang bakal mengisi pos menteri kabinet Jokowi-Ma'ruf Amin terus menjadi bola liar. Berbagai macam 'bocoran' banyak bermunculan, terutama di media sosial. Paling mencuri perhatian tentu sosok-sosok dari partai politik yang berseberangan dengan pemerintah.

Bahkan, Prabowo Subianto, yang notabene pesaing Jokowi pada Pilpres lalu, dikabarkan masuk ke dalam kabinet. Jabatannya pun tak main-main, Menteri Pertahanan. Hal itu tak lepas dari safari politik Ketua Gerindra itu belakangan.

Baca Juga:

Gerindra Disebut Bakal Masuk Kabinet, Istana Minta Publik Tak Perlu Takut dan Panik

Lalu, ada nama Agus Harimurti Yudhoyono. Anak Presiden ke-6 itu, sebagaimana bocoran-bocoran yang tersebar di media sosial, bakal menduduki kursi Menteri Pemuda dan Olahraga yang saat ini dijabat seorang Plt. Hal itu setelah Imam Nahrawi tersandung kasus di KPK.

Merespon berbagai macam 'bocoran' itu, Presiden Jokowi makin membuat publik penasaran. Ya, Jokowi menjawab berbagai 'bocoran' kabinetnya yang muncul di media sosial lewat akun pribadinya. Sontak, Netizen banjiri kolom komentar mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

Hari ini, Jokowi memposting sebuah foto yang memperlihatkan sebuah gagang telepon. Gagang telepon itu terlihat terjuntai ke bawah lengkap dengan kabelnya. Warna gagang teleponnya juga kombinasi warna hitam dan putih. Ada juga sebuah pesan yang terselip di gambar itu: 'Sabar! sebentar lagi'.

View this post on Instagram

Selamat pagi. Saya telah menerima beberapa versi “bocoran” nama-nama menteri kabinet untuk pemerintahan periode 2019-2024. Saya sendiri membacanya dengan antusias kalau-kalau itu benar adalah bocoran ???? Yang jelas, susunan kabinet untuk pemerintahan periode mendatang sudah rampung. Saya akan umumkan segera setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 pada 20 Oktober, bisa di hari yang sama, atau setelahnya. Siapa-siapa yang akan membantu saya di pemerintahan nanti? Sabarlah. Indonesia ini tak berkekurangan orang-orang hebat dan mampu memimpin kementerian dan lembaga, dan bersedia untuk mengabdi kepada bangsa ini. Mereka terserak di semua bidang pekerjaan dan profesi: akademisi, birokrasi, politisi, santri, juga TNI dan polisi. Tidak sulit menemukan mereka.

A post shared by Joko Widodo (@jokowi) on

Nah, yang makin bikin penasaran adalah caption sang presiden. "Selamat pagi. Saya telah menerima beberapa versi “bocoran” nama-nama menteri kabinet untuk pemerintahan periode 2019-2024. Saya sendiri membacanya dengan antusias kalau-kalau itu benar adalah bocoran ????," tulis Jokowi.

Dilihat merahputih.com dari akun instagram Jokowi, @jokowi, pukul 09.30 WIB, postingan itu sudah dikomentari netizen sebanyak 2.100 komentar. Jokowi juga memastikan bahwa susunan kabinet sudah selesai.

"Saya akan umumkan segera setelah pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024 pada 20 Oktober, bisa di hari yang sama, atau setelahnya," jelas Jokowi.

Baca Juga

Gabung Kabinet Jokowi, Pengamat Prediksi Gerindra Akan Ditinggalkan Para Pendukungnya

"Siapa-siapa yang akan membantu saya di pemerintahan nanti? Sabarlah. Indonesia ini tak berkekurangan orang-orang hebat dan mampu memimpin kementerian dan lembaga, dan bersedia untuk mengabdi kepada bangsa ini," jelas dia.

"Mereka terserak di semua bidang pekerjaan dan profesi: akademisi, birokrasi, politisi, santri, juga TNI dan polisi. Tidak sulit menemukan mereka," tutup Jokowi. (*)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH