Jokowi Sudah Pilih Cawapres, Koalisi Tambah Kompak atau Saling Kunci? Presiden Joko Widodo mengenakan jaket Asian Games berpose dengan pengurus OSIS SMA berprestasi se-Indonesia ketika menerima kunjungan di Istana Bogor, Jawa Barat, Kamis (3/5). ANTARA FOTO/Wahyu Putro

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan telah memilih nama calon wakil presiden (cawapres) di Pilpres 2019. PDIP menegaskan nama cawapres yang dipilih itu tidak akan merusak kesolidan partai koalisi untuk mewujudkan Jokowi menjadi presiden dua periode.

"Pokoknya yang diumumkan ini dipastikan semuanya akan bergandengan tangan," kata Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto, saat ditemui di Kantor DPP PDIP Diponegoro, Senin (9/7).

koalisi
Partai Politik pendukung Pemerintah Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Antara

Menurut Hasto, nama cawapres yang telah disampaikan ke Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri itu merupakan sosok terbaik yang bisa diterima semua pihak. Untuk itu, lanjut dia, PDIP akan segera mengumpulkan NasDem, Hanura, PKB dan partai anggota koalisi lainnya untuk membahas nama cawapres yang diajukan Jokowi.

"Dari sinilah kemudian dilanjutkan dialog dengan partai-partai yang lain. Jadi kita juga mendengarkan partai-partai lain tapi kita juga suasananya apapun kita menempatkan pak Jokowi sebagai Presiden," tutur dia.

Hasto memastikan koalisi partai pendukung Jokowi terbentuk ada kesadaran ideologis untuk menentukan arah bangsa, bukan koalisi atas dasar saling mengunci. "Koalisi harus dengan kesadaran, bukan karena saling mengunci," tandas Sekjen PDIP itu.

Jokowi mega batu tulis
Presiden Joko Widodo kembali menggelar pertemuan dengan Ketum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat, Minggu (8/7) malam. Foto: PDI Perjuangan

Semalam, Jokowi melaporkan nama cawapres yang bakal mendampinginya kepada Ketum PDIP Megawati dalam pertemuan di Istana Batu Tulis, Bogor, Jawa Barat. Lalu bagaimana reaksi orang nomor satu di Partai Banteng itu?

Megawati memastikan nama cawapres Jokowi itu bakal segera diumumkan ke publik dalam waktu dekat. "Pengumuman dilakukan pada momentum tepat, dan dalam cuaca yang cerah, secerah ketika matahari terbit dari timur. Jadi tunggu saja dan sabar," ujar Megawati, dalam keterangan tertulis yang disampaikan Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto pagi tadi. (Fdi)

Kredit : fadhli


Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH