Jokowi Kirim 20.000 Paket Sembako ke Warga Solo Terdampak COVID-19 Kepala Bagian Dana Operasional dan Bantuan Presiden, Helmi Agustian (kiri) menyerahkan bantuam 20.000 peket sembako pada Pemkot Solo, Selasa (19/5). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Presiden Jokowi memberikan bantuan sebanyak 20.000 paket sembako untuk warga kurang mampu terdampak COVID-19 di Solo, Jawa Tengah.

Serah terima bantuan tersebut dilakukan secara simbolis oleh Kepala Bagian Dana Operasional dan Bantuan Presiden Helmi Agustian kepada Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Solo, Tamso di Pendaphi Gedhe Balaikota, Solo, Selasa (19/5).

Baca Juga

KPK Sudah Petakan Titik Rawan Korupsi, Masih Nekat Mau Tilep Dana COVID-19?

Wali Kota Solo, FX Hadi Rudyatmo, mengungkapkan bantuan sebanyak 20.000 paket sembako dari Presiden Jokowi ini akan disalurkan pada warga kurang mampu di Solo yang belum menerima sama sekali bantuan baik dari pusat, provinsi, dan pemkot. Warga yang sudah mendapatkan Bantuan Sosial Tunai (BST) Rp600.000 per KK dari Kementerian Sosial (Kemensos) tidak mendaparkan bantuan ini.

"Jangan sampai ada dobel penerima bantuan. Masih ada warga yang belum dapat bantuan dari manapun di Solo. Kita kasih bantuan dari sembako langsung dari Presiden Jokowi," ujar Rudy.

Kepala Bagian Dana Operasional dan Bantuan Presiden, Helmi Agustian, Selasa (19/5). (MP/Ismail)
Kepala Bagian Dana Operasional dan Bantuan Presiden, Helmi Agustian, Selasa (19/5). (MP/Ismail)

Rudy menegaskan keinginan pusat dengan bantuan ini supaya tidak ada warga yang kelaparan akibat pandemi COVID-19. Bantuan dari Presiden ini akan diantar ke rumah masing sesuai dengan nama dan alamatnya, bantuan ini meringankan beban bagi Pemkot Solo.

"Bantuan ini akan kami berikan bagi warga yang belum pernah mendapatkan bantuan apapun, seperti PKH, KKS, BPNT, BST", kata dia.

Politisi PDIP ini menambahkan semua pihak saat ini harus bergotong-royong, peduli dengan sesama karena yang terdampak pandemi menyasar semua sektor tanpa kecuali pekerja seni, UMKM, dan Pedagang Kaki Lima (PKL)," kata dia.

Kepala Bagian Dana Operasional dan Bantuan Presiden Helmi Agustian, mengatakan 20.000 paket sembako dari Presiden Jokowi ini terdiri dari 10kg beras, gula pasir 1kg, minyak goreng 1 liter, dan satu kotak teh celup. Penerima bantuan ini adalah warga terdampak COVID-19 yang belum pernah menerima bantuan dari siapapun.

Baca Juga

Presiden Jokowi Ungkap Polemik Prosedur Penyaluran Bansos COVID-19

"Pesan Presiden Jokowi pada masyarakat Solo tetap jaga jarak, jaga kesehatan, sosial distancing dan semoga virus COVID-19 segera berlalu," tutup dia. (*)

Berita ini merupakan laporan Ismail Soli, kontributor merahputih.com untuk wilayah Solo dan sekitarnya



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH