Jokowi Semprot Politisi Sontoloyo Puncak Kekesalan, Klaim Timses Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Tim Kampanye Nasional Koalisi Indonesia Kerja (TKN KIK) Jokowi-Ma'ruf menyatakan pernyataan politisi sontoloyo merupakan puncak kekesalan Presiden Joko Widodo terhadap elit politik yang kerap bermanuver menyebarkan kebohongan jelang Pilpres 2019.

"Semua pernyataan Beliau (Jokowi), saya kira tidak datang spontan dan tidak tanpa sebab. Dan saya kira ujung atau puncaknya pernyataan politisi sontoloyo itu," kata Wakil Ketua TKN KIK Abdul Kadir Karding, kepada awak media, Rabu (24/10).

Menurut Karding, Pilpres yang seharusnya menjadi instrumen memperbaiki demokrasi, mendidik pemilih, justru menjadi ajang kebohongan, memecah-belah bangsa hingga menyebar fitnah dan hoaks. "Beliau melihat bahwa fenomena Ini harus dicegah agar politik kita kembali ke rel yang benar, berkualitas dan marwahnya terjaga," tutur dia.

karding
Abdul Kadir Karding, Wakil Ketua TKN Jokowi-Ma'ruf. MP/Fadhli

Disinggung orang maupun kelompok mana yang dimaksud Politikus Sontoloyo? Karding menyebut siapa saja bisa masuk dalam kategori tersebut. "Tentu yang disindir adalah siapa saja yang melakukan semua atau salah satu dari yang sebut di atas. Jadi silakan meraba dan merasa sendiri. Anda politisi sontoloyo apa bukan?" tandas politikus PKB itu.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi mulai geram melihat situasi politik belakangan ini. Setelah melontarkan sejumlah pernyataan kontroversial semisal akhiri politik kebohongan, jangan hanya turun kalau mau pemilu, terakhir Jokowi menyindir hati-hati banyak politisi sontoloyo.

"Hati-hati banyak politikus baik-baik tapi banyak juga politikus sontoloyo. Kita lihat mana yang bener mana yang enggak betul. Kita lihat jangan sampai dibawa oleh politikus-politikus hanya untuk kepentingan sesaat, memudarkan kesatuan persatuan dan persaudaraan kita," kata Jokowi, saat berkunjung ke bilangan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Selasa (23/10) kemarin. (fdi)

Kredit : fadhli


Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH