Jokowi Sebut Kaesang Jalani Pingitan di Jakarta

Andika PratamaAndika Pratama - Minggu, 04 Desember 2022
Jokowi Sebut Kaesang Jalani Pingitan di Jakarta
Presiden Jokowi memberikan keterangan awak media terkait kesiapan pernikahan Kaesang-Erina di Solo, Minggu (4/12). Foto: MP/Ismail

MerahPutih.com - Salah satu tradisi Jawa dalam pernikahan adalah prosesi pingitan. Di mana, kedua calon mempelai pengantin dilarang bertemu dan bepergian.

Rupanya, tradisi pingitan juga dijalankan oleh Kaesang Pangarep dan Erina Gudono sebelum melangsungkan akad nikah pada Sabtu (10/12) di Yogyakarta.

Baca Juga

Jokowi Bolak-Balik Solo-Jakarta Urus Pernikahan Kaesang-Erina

"Dia (Kaesang) dipingit di kantornya di Jakarta," kata Presiden Jokowi usai menghadiri acara kumbokarnan atau rapat terakhir persiapan pernikahan di Museum Batik Danar Hadi, Solo, Jawa Tengah, Minggu (4/12).

Kepala Negara mengatakan putra bungsa itu masih tetap bekerja meski dipingit dan disuruh berhenti tidak mau. Padahal, waktu pelaksanaan pernikahan tinggal menghitung hari saja.

"Yang mingit kantornya disuruh berhenti. Kerja terus bagaimana, minggu-minggu, tadi saya telpon masih kerja juga," paparnya.

Baca Juga

Jokowi Pesan Lagu Ojo Dibandingke Versi Gamelan di Acara Ngunduh Mantu

Ditanya terkait sosok Erina Gudono calon istri Kaesang, Jokowi menjawab singkat jika sosoknya baik.

"Saya melihat dia (Erina) wanita Jawa yang baik," kata Jokowi di

Sebelumnya, Presiden Jokowi kembali mudik ke kampung halamannya Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (4/12).

Jokowi mudik ke Solo untuk menghadiri rapat bersama untuk membahas persiapan pesta pernikahan putra bungsunya, Kaesang Pangarep dan Erina Sofia Gudoni, Minggu (4/12).

Diketahui acara persiapan itu di Jawa sering disebut Kumbokarnan, acara ini biasanya dilakukan dua minggu atau minimal satu minggu menjelang acara pernikahan dilangsungkan. (Ismail/Jawa Tengah).

Baca Juga

Jokowi Pimpin Rapat Kumbokarnan Pernikahan Kaesang di Museum Batik Danar Hadi

#Kaesang Pangarep #Presiden Joko Widodo #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan