Jokowi Salahkan Monopoli Pertamina Biang Kerok Tiket Pesawat Mahal Dirut Pertamina Nicke Widyawati (Foto: Dok Pertamina)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyalahkan monopoli Pertamina dalam penjualan avtur di Bandara Soekarno-Hatta sebagai pemicu tingginya harga tiket pesawat untuk penerbangan dalam negeri belakangan ini. Bahkan, Jokowi berencana memanggung Direktur Utama (Dirut) Pertamina Nicke Widyawati untuk memberikan klarifikasi.

“Saya terus terang juga kaget, dan malam hari ini juga saya baru tahu tadi dari Pak Chairul Tanjung mengenai avtur. Ternyata avtur yang dijual di Soekarno-Hatta itu dimonopoli oleh Pertamina sendiri,” kata Jokowi, dilansir dari laman resmi Sekretariat Kabinet, setkab.go.id, Selasa (12/2).

jokowi setkab
Presiden Jokowi menjawab wartawan usai menghadiri Gala Dinner Peringatan HUT ke-50, di Hotel Grand Sahid Jaya, Jakarta, Senin (11/2) malam. (Foto: OJI/Humas Setkab)

Jokowi memastikan akan segera mengundang Dirut Pertamina terkait tingginya harga avtur di dalam negeri itu. Menurut dia, harga avtur di Indonesia jadi tidak kompetitif karena monopoli Pertamina.

Presiden mencontohkan harga avtur Indonesia jika dibandingkan dengan negara tetangga jauh lebih mahal, dengan perbedaan mencapai kurang lebih 30 persen. Selesih dan monopoli Pertamina ini, kata Jokowi, harus segera dibenahi.

“Kalau ini diterus-teruskan ya nanti pengaruhnya ke apa? Ke harga tiket pesawat karena harga avtur itu menyangkut 40 persen dari cost yang ada di tiket pesawat. Ya besok saya panggil aja (Dirut Pertamina),” tegas Jokowi.

Berbagai hal bisa terjadi kalau tiket pesawat tetap mahal. (foto: pixabay/StockSnap)
Berbagai hal bisa terjadi kalau tiket pesawat tetap mahal. (foto: pixabay/StockSnap)

Semalam, Ketua Umum PHRI Haryadi Sukamdani dalam pidatonya menyampaikan terkait monopoli Pertamina dalam penjualan avtur. Harga avtur tinggi menjadi biak kerok harga tiket pesawat mahal dan omset pemesanan hotel pun jadi menurun.

"Monopoli Pertamina di dalam menjual avtur sebaiknya segera diakhiri. Dengan memberikan peluang kepada perusahaan lain untuk menjual avtur dengan harga yang lebih kompetitif," tutur Haryadi dalam acara yang turut dihadiri Presiden Jokowi itu. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH