Jokowi Resmikan Tol Pertama di Sulawesi Utara

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Jumat, 25 Februari 2022
Jokowi Resmikan Tol Pertama di Sulawesi Utara
Tol Manado-Bitung. (Foto: Kementerian PUPR)

MerahPutih.com - Pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung di Kota Bitung, Sulawesi Utara rampung, setelah penyelesaian seksi Danowudu-Bitung dengan ruas jalan sepanjang 13,5 kilometer tuntas.

"Dengan demikian seluruh Jalan Tol Manado-Bitung sepanjang 39,8 kilometer tuntas dan siap dimanfaatkan untuk mendukung seluruh aktivitas masyarakat di Provinsi Sulawesi Utara," kata Presiden Joko Widodo, Jumat (25/2).

Baca Juga:

Pembangunan Tol Terpanjang di Selatan Jawa Masuki Penetapan Lokasi

Presiden Jokowi beserta rombongan juga berkesempatan langsung menggunakan Jalan Tol Manado-Bitung setelah melanjutkan rangkaian kunjungan kerja dari Kota Palu, Sulawesi Tengah.

Presiden menempuh jarak Manado-Bitung didampingi Gubernur Sulut Olly Dondokambey beserta jajaran menteri yakni Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Thohir dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

"Tadi Pak Gubernur menyampaikan jalan tol ini memangkas waktu tempuh dari Manado ke Bitung yang sebelumnya 1,5 jam sampai 2 jam. Sekarang, tadi saya meniti 35 menit, tapi enggak ngebut. Kalau ngebut saya kira 30 menit sampai," katanya.

Dengan pemangkasan waktu tempuh tersebut, Presiden meyakini Jalan Tol Manado-Bitung bukan hanya mempermudah mobilitas orang dari Manado ke Bitung, melainkan juga pengiriman logistik serta mobilitas barang dari Manado ke Pelabuhan Internasional Bitung.

Tuntasnya jalan tol ini bisa naikkan pertumbuhan ekonominya.Tercatat, tahun 2021 pertumbuhan ekonomi Sulawesi Utara mencapai 4,17. Angka pertumbuhan ekonomi Sulut tersebut melampaui pertumbuhan ekonomi nasional yang berada di 3,69 persen.

Sementara itu Gubernur Sulut dalam sambutannya menyampaikan rampung-nya pembangunan Jalan Tol Manado-Bitung akan membantu pertumbuhan ekonomi di daerahnya.

"Ini bukti bahwa Pak Presiden dan pemerintah pusat betul-betul membangun dari timur sampai ke barat," tuturnya. (Knu)

Baca Juga:

Tarif Tol Dalam Kota Jakarta Naik Rp 500, Berlaku Mulai 26 Februari 2022

#Pembangunan Jalan Tol #Jokowi #Pemulihan Ekonomi
Bagikan
Bagikan