Jokowi Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed 14 November

Andika PratamaAndika Pratama - Kamis, 10 November 2022
Jokowi Resmikan Masjid Raya Sheikh Zayed 14 November
Masjid Raya Sheikh Zayed Solo UEA di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, Jawa Tengah, Kamis (14/11). (MP/Ismail)

MerahPutih.com - Peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed di Kelurahan Gilingan, Kecamatan Banjarsari, Solo, dimajukan menjadi tanggal 14 November 2022.

Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka mengatakan peresmian dilakukan setelah Presiden Jokowi menghadiri Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT Ke-40 dan Ke-41 ASEAN serta KTT terkait lainnya berlangsung pada 10-13 November 2022 di Kamboja.

Baca Juga

Menteri Basuki Soroti Minimnya Lahan Parkir Masjid Raya Sheikh Zayed Solo

"Ya, acara peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dimajukan menjadi 14 November 2022," ujar Gibran di Balai Kota, Kamis (10/11).

Gibran menjelaskan, perencanaan awal peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dilakukan Presiden Jokowi setelah menghadiri KTT G20 Bali 16-17 November.

Ia mengaku baru saja diberitahu oleh Istana Kepresidenan ada perubahan jadwal peresmian masjid.

"Saya juga baru tahu peresmian Masjid Raya Sheikh Zayed Solo dimajukan. Pulang dari Kamboja langsung ke Solo," kata dia.

Baca Juga

Pemerintah Minta Kontraktor Kebut Pembangunan Masjid Raya Sheikh Zayed

Ia mengatakan peresmian dilakukan pada Kamis pagi. Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Sheikh Mohammed bin Zayed Al Nahyan atau MBZ memberikan konfirmasi kehadiran pada peresmian.

"Satu hari sebelum peresmian akan ada pengukuhan imam dan pengurus Masjid Raya Sheikh Zayed Solo," katanya.

Ditanya berapa banyak orang dari UEA yang mengikuti peresmian, Gibran tidak menyebut angka pasti. Dia mengatakan banyak yang akan mengikuti peresmian masjid. Rombongan akan terbang langsung dari UEA ke Solo.

"Masukan Pak Menteri PUPR (Basuki) sejumlah bagian Replika Masjid Raya Sheikh Zayed dirapikan dan diperbaiki, sudah ditindaklanjuti," papar dia.

Ia menjelaskan jalan depan juga sudah diaspal. Pohon sudah menjadi lebih rimbun, dan Detasemen Pembekalan Angkutan IV-44-04/Surakarta (Denbekang) sudah diratakan untuk lokasi parkir," katanya.

Dia mengatakan peresmian dilakukan pagi harus sehingga tidak ada kegiatan salat yang dilakukan Presiden. Gibran pastikan pekerjaan semua tepat waktu meskipun peresmian masjid dimajukan. (Ismail/Jawa Tengah).

Baca Juga

Masjid Raya Sheikh Zayed Solo akan Diresmikan oleh Presiden UEA

#Gibran Rakabuming #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Andika Pratama

Bagikan