Jokowi Resmi Lantik 2 Menteri dan 3 Wamen

Mula AkmalMula Akmal - Rabu, 15 Juni 2022
Jokowi Resmi Lantik 2 Menteri dan 3 Wamen
Tangkap layar pelantikan menteri dan wakil menteri di Istana. (Foto: MP/Alwan Ridha)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melakukan pelantikan sejumlah menteri dan wakil menteri baru hasil reshuffle kabinet, Rabu (15/6).

Zulkifli Hasan menjabat menteri perdagangan (mendag), menggantikan posisi Muhammad Lutfi. Kemudian, Hadi Tjahjanto mengisi pos menteri agraria dan tata ruang (ATR) yang sebelumnya dijabat Sofyan Djalil.

Baca Juga:

Bakal Dilantik Jadi Menteri, Zulhas Punya Harta Rp 32 Miliar

Selain Zulhas dan Hadi Tjahjanto, Presiden Jokowi juga melantik 3 wakil menteri baru. yaitu, Raja Juli Antoni sebagai Wakil Menteri ATR /BPN, John Wempi Watipo sebagai Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri), dan Afriansyah Noor sebagai Wakil Menteri Tenaga Kerja (Wamenaker).

Pelantikan menteri dan wakil menteri itu digelar di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (15/6/2022). Pelantikan diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan 'Indonesia Raya'.

Acara dilanjutkan dengan pembacaan keputusan Presiden tentang pengangkatan menteri dan wakil menteri sisa jabatan periode 2019-2024.

Baca Juga:

Ditanya soal Posisi Wamen ATR/BPN, Raja Juli: Tunggu Pengumuman dari Pak Jokowi

Jokowi kemudian memimpin pembacaan sumpah jabatan menteri dan wakil menteri.

"Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara," demikian petikan sumpah yang dibacakan Jokowi dan diikuti oleh pejabat yang dilantik.

Tangkap layar pelantikan menteri dan wakil menteri di Istana. (Foto: MP/Alwan Ridha)

Selanjutnya, Jokowi menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh pejabat yang baru dilantik. Diikuti oleh sejumlah menteri dan tokoh yang hadir. (Bob)

Baca Juga:

Wamen PUPR John Wempi Wetipo Dikabarkan Pindah Pos Wakil Menteri

#Breaking #Reshuffle Kabinet #Reshuffle Kabinet Jokowi-JK
Bagikan
Ditulis Oleh

Mula Akmal

Bagikan