Jokowi Punya Waktu Sebulan Pastikan Sosok Calon Panglima TNI

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Sabtu, 09 Oktober 2021
Jokowi Punya Waktu Sebulan Pastikan Sosok Calon Panglima TNI
Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto

Merahputih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) belum mengirim surat presiden (surpres) berisi nama calon panglima TNI pengganti Marsekal Hadi Tjahjanto.

Jokowi masih punya waktu hingga bulan depan untuk menyerahkan nama calon pengganti Hadi Tjahjanto ke DPR.

"Memang harus diajukan bulan depan, diputuskan DPR bulan depan, karena masih ada waktu," kata Menteri Sekretaris Negara (Mensesneg) Pratikno kepada wartawan, Sabtu (9/10).

Baca Juga

Adu Tajir 2 Calon Panglima TNI

Saat ditanya nama-nama calon panglima TNI, Pratikno mengungkap kriteria calon panglima TNI merupakan kepala staf di kesatuan masing-masing. Namun, dia tidak menyebut siapa nama calon yang dimaksud.

"Ya syaratnya panglima kepala staf tapi belum, belum diajukan. Kan masih bulan depan," jawabnya.

Pratikno menjelaskan Jokowi masih punya cukup waktu. Yang terpenting, bulan depan Surpres sudah dikirim ke DPR untuk diputuskan. Jokowi punya waktu hingga 30 November untuk melantik Panglima baru.

Sehingga untuk memproses calon Panglima TNI baru di DPR, Jokowi setidaknya harus sudah mengirim nama Panglima baru sebelum 2 November.

Prajurit TNI. (Foto: Antara)
Prajurit TNI. (Foto: Antara)

DPR sudah memasuki masa reses pada 7 Oktober, sehingga masa sidang DPR yang baru adalah awal November.

Sebelumnya, Wakil Ketua DPR Lodewijk F Paulus meminta kepada Presiden Joko Widodo untuk segera mengirim surat presiden (Surpres) terkait nama calon Panglima TNI.

Diketahui, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto akan mulai memasuki masa pensiun pada 1 Desember 2021 mendatang.

Politikus Partai Golkar itu berharap, sebelum DPR memasuki masa reses yang dimulai pada 8 Oktober hingga 7 November 2021 nanti, kepala negara sudah menyerahkan kepada legislatif.

Baca Juga

Survei Calon Panglima TNI, Jenderal Andika Hanya Kalah dari Laksamana Yudo Dalam Hal ini

Saat ini, ada tiga nama calon Panglima TNI yang memenuhi syarat. Yakni KSAD Jenderal Andika Perkasa, KSAL Laksamana Yudo Margono dan KSAU Marsekal Fajar Prasetyo.

Ketiga calon itu punya peluang, namun peluang lebih besar ada pada Jenderal Andika Perkasa dan Laksamana Yudo Margono. Jika pertimbangan bergiliran mau diterapkan, peluang Yudo Margono lebih terbuka. (Knu)

#Panglima TNI
Bagikan
Bagikan