Jokowi Puji Ojek Online, Katanya ... Para mitra pengemudi Gojek. (MP/Noer Ardiansjah)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo mengaku sering merasa jengkel dan marah jika ada pihak yang meremehkan profesi pengemudi transportasi daring ini karena ini pekerjaan mulia.

"Ini adalah pekerjaan yang mulia yang memberikan income, yang kita pakai untuk menyejahterakan keluarga kita, anak-anak kita, istri kita. Ini pekerjaan yang sangat mulia," kata Jokowi bicara dalam acara Silaturahmi Nasional Keluarga Besar Pengemudi Transportasi Online di JIExpo Kemayoran Jakarta, Sabtu (12/1).

Selain itu, Jokowi juga mengaku kagum kepada para pengemudi yang hadir memilih profesi sebagai ojek daring merupakan keberanian keluar dari zona pekerjaan tradisional. "Namun tetap mendatangkan kesejahteraan," katanya.

Diperkirakan ada tujuh ribu orang yang hadir dalam acara tersebut. Para pengemudi pun menyambut sukacita ungkapan kebanggaan yang disampaikan orang nomor satu di Indonesia tersebut.

Terkait itu, Menhub mengatakan pihaknya berencana mencantumkan aspek keselataman bagi penumpang dan pengemudi yang tertuang di regulasi ojek daring yang akan disahkan dalam beberapa bulan ke depan.

Chief Public Policy and Government Relations Gojek Indonesia Shinto Nugroho mengatakan pihaknya menjalin diskusi dan komunikasi dengan Kemenhub serta perwakilan mitra pengemudi dalam hal penyusunan regulasi dimaksud.

"Diskusi ini telah dilakukan selama satu kali dengan Kemenhub dan akan ada pertemuan selanjutnya untuk mendiskusikan aturan ojek daring. Prosesnya on going (berjalan)," katanya.

Shinto meyakini peraturan tersebut akan mempertimbangkan berbagai aspek di antaranya aspek keselamatan konsumen dan mitra pengemudi serta ekosistem perekonomian digital yang kian tumbuh dari tahun ke tahun.


Tags Artikel Ini

Noer Ardiansjah

LAINNYA DARI MERAH PUTIH