Jokowi Presiden Ketiga yang Hadiri Jumenengan Paku Alam

Rendy NugrohoRendy Nugroho - Rabu, 06 Januari 2016
Jokowi Presiden Ketiga yang Hadiri Jumenengan Paku Alam
Bangsal Puro Pakualaman yang akan menjadi tempat prosesi pelantikan Paku Alam X, di Puro Pakualaman, DI Yogyakarta, Rabu (6/1). (Foto: Istimewa)

MerahPutih Peristiwa - Kabar kehadiran Presiden Joko Widodo (Jokowi) dalam jumenengan Paku Alam X besok, Kamis (7/1), memberi arti bagi masyarakat Yogyakarta. Pasalnya, Jokowi bakal menjadi Presiden ketiga yang menghadiri jumenengan Paku Alam.

Sebelumnya, dua pemimpin negara pernah menghadiri jumenengan Paku Alam. Keduanya ialah Presiden Soekarno dan Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur). Bahkan, Soekarno tinggal di Kadipaten Paku Alam selama tujuh hari.

Kanjeng Pangeran Haryo (KPH) Tjondrokusumo menegaskan bahwa kehadiran Presiden dalam jumenangan menunjukkan dukungan negara terhadap Paku Alam.

"Presiden menghormati dan mengakui Kadipaten Paku Alam, bersama dengan Kasultanan Yogyakarta, sebagai bekas wilayah kerajaan yang memiliki sistem pemerintah daerah yang bersifat istimewa," papar Tjondrokusumo dalam keterangannya kepada wartawan, DI Yogyakarta, Rabu (6/1).

Upacara jumenengan akan berlangsung besok, Kamis (7/1), pukul 08.30 WIB, di Bangsal Sewatama Yogyakarta. Saat ini, persiapan kirab serta keperluaan prosesi lainnya telah rampung. Bahkan, pengamanan ketat telah dipersiapkan. (fre)

BACA JUGA:

  1. Besok, Presiden Jokowi Bakal Hadiri Jumenengan Paku Alam X
  2. KGPAA Anglingkusumo Tolak KBPH Suryodilogo sebagai Paku Alam X
  3. Kasultanan Ngayogyakarta Sampaikan Dhawuh Raja
  4. Ini Lokasi Utama Perayaan Malam Tahun Baru di Yogyakarta
  5. Seribu Terompet Warnai Malam Tahun Baru di Jogja City Mall
#Paku Alam X #Presiden RI #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Rendy Nugroho

Bagikan