Jokowi Pilih Listyo Jadi Kapolri, Wadah Pegawai KPK: Pilihan Tepat

Andika PratamaAndika Pratama - Rabu, 13 Januari 2021
Jokowi Pilih Listyo Jadi Kapolri, Wadah Pegawai KPK: Pilihan Tepat
Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (WP KPK) menilai langkah Presiden Joko Widodo memilih Kabareskrim Komjen Listyo Sigit Prabowo untuk jadi calon Kapolri sangat tepat.

"Pilihan Presiden ke Bang Sigit merupakan pilihan tepat, karena selama ini memang beliau dikenal sebagai polisi reformis dan profesional," kata Ketua WP KPK, Yudi Purnomo Harahap dalam keterangannya, Rabu (13/1).

Baca Juga

Jokowi Tunjuk Komjen Listyo Sigit Prabowo jadi Calon Tunggal Kapolri

Menurut Yudi, bukti Listyo polisi reformis dan profesional ialah kesuksesan Kabareskrim ini dalam menangani kasus-kasus korupsi besar. Yudi pun meyakini nantinya Korps Bhayangkara akan semakin maju di bawah kepemimpinan Listyo.

'Kami berharap bahwa kerjasama Kepolisian dan KPK semakin baik dalam upaya bersama mewujudkan Indonesia yang bebas dari korupsi," kata Yudi.

Nama Komjen Listyo diajukan Jokowi kepada Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) pada Rabu (13/1). Surat itu diterima Ketua DPR Puan Maharani.

Logo KPK. Foto: ANTARA

Dengan demikian, DPR RI bisa segera memproses surat tersebut sesuai dengan aturan dan mekanisme yang berlaku.

Surat tersebut akan dibahas di Rapat Pimpinan DPR, Rapat Badan Musyawarah (Bamus) bersama perwakilan fraksi di DPR untuk memberikan mandat tersebut kepada Komisi III DPR yang membidangi hukum dan HAM.

Komisi III DPR pada pukul 12.00 WIB hari ini dijadwalkan akan menggelar rapat Pimpinan dan Ketua Kelompok Fraksi (Kapoksi) di Komisi III DPR guna membahas mekanisme uji kepatutan dan kelayakan calon Kapolri.

"Kami akan menugaskan komisi untuk melakukan uji kelayakan atau fit and proper, kemudian dibawa ke rapat paripurna untuk mendapatkan persetujuan dewan," terang Puan. (Pon)

Baca Juga

Pilih Komjen Listyo jadi Kapolri, Jokowi Dinilai Bangun Keberagaman di Tanah Air

#Wadah Pegawai KPK #Calon Kapolri
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan