Jokowi Pernah Bilang Debat Kok Pakai Latihan, Ujung-ujungnya Simulasi juga surat suara Pemilu 2019 (Foto: MP/Fadhli)

MerahPutih.com - Capres Petahana Nomor Urut 01 Joko Widodo (Jokowi) menggelar simulasi debat pilpres 2019 di bawah bimbingan pakar hukum tata negara sekaligus kuasa hukum mereka Yusril Izha Mahendra semalam. Padahal, Jokowi sempat berujar kepada media tidak perlu latihan untuk menghadapi debat putaran pertama Pilpres 2019 yang digelar Kamis (17/1) malam nanti.

Dalam simulasi debat paslon nomor urut 01 semalam, tampak hadir Jokowi dan cawapresnya Ma'ruf Amin, didampingi Ketua TKN Erick Thohir, Yusril dan sejumlah jajaran tim pemenangan. Kepada wartawan, Yusril menjelaskan pertemuan ini untuk pemantapan jelang debat yang mengambil tema hukum, HAM, korupsi dan terorisme.

Yusril
Jokowi bersama Ketua TKN Erick Thohir dan Kuasa Hukum Jokowi-Ma'ruf Yusril Ihza Mahendra (MP/Fadhli)

Yusril juga membocorkan sejumlah simulasi jawaban dalam diskusi pemantapan debat itu, diantaranya, soal kasus teror penyerangan terhadap penyidik senior KPK Novel Baswedan. Kata Ketum PBB itu, jawaban Jokowi singkat saja kalau ditanya soal kasus penyidik KPK itu.

"Jawaban pak Jokowi singkat saja, teruskan penyidikan terhadap kasus itu dan beliau ingin disegerakan penuntasan terhadap kasus yang menimpa pak Novel dan jokowi juga tegaskan pemerintah setuju dan menerima rekomendasi dari Komnas HAM untuk membentuk tim pencari fakta untuk mengungkapkan kasus novel baswedan," kata Yusril, semalam.

Sebelumnya, Jokowi pernah mengklaim jelang debat perdana capres-cawapres 17 Januari, dirinya dan Ma’ruf Amin tidak menggelar latihan debat.

“Pertemuan biasa, tidak membahas soal debat. Tidak ada bahasan latihan debat,” ujar Jokowi, saat ditanya wartawa usai bersantap malam bersama 9 Ketum Parpol Koalisi pendukung Jokowi-Ma’ruf Amin, di Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (15/1) malam lalu.

jokowi
Presiden Joko Widodo (Ant/Jusuf Widodo)

Bahkan, ketika kembali ditanya wartawan persiapan apa saja yang sudah dilakukan untuk debat Piplres, Jokowi kembali menegaskan, "Debat kok pakai latihan!"

Tak hanya itu, Jokowi malah mengalihkan pertanyaan wartawan sambil bercanda bahwa pertemuan dengan 9 ketum parpol itu hanya acara makan-makan biasa.

“Pertemuan rutin dalam rangka evaluasi pekerjaan-pekerjaan apa saja yang telah kita lakukan dengan semua ketua ketua partai Koalisi Indonesia Kerja. Bicara yang ringan-ringan saja. Malah lebih banyak makannya,” canda Jokowi. (*)


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH