Jokowi Perintahkan Bulan Agustus Jakarta Sudah Capai Kekebalan Komunal COVID-19

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 14 Juni 2021
Jokowi Perintahkan Bulan Agustus Jakarta Sudah Capai Kekebalan Komunal COVID-19
Presiden Jokowi pantau vaksinasi COVID-19. (Foto: Sekretariat Presiden)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) menargetkan wilayah DKI Jakarta dapat mencapai herd immunity atau kekebalan komunal terhadap COVID-19 pada bulan Agustus 2021.

Hal tersebut disampaikan Presiden saat meninjau pelaksanaan vaksinasi massal di Waduk Pluit, Jakarta, sebagaimana disaksikan melalui tayangan Youtube Sekretariat Presiden di Jakarta, Senin (14/5).

"Kita harapkan di bulan Agustus nanti sudah bisa mencapai kekebalan komunal dan kita harap penyebaran COVID-19 di DKI Jakarta bisa kita hambat dan kurangi," ujar Presiden.

Baca Juga:

Begini Syarat dan Ketentuan Vaksinasi COVID-19 untuk Usia 18 Tahun ke Atas

Mewujudkan kekebalan komunal di ibu kota, Presiden berharap target 100.000 dosis vaksinasi per hari di DKI Jakarta bisa direalisasikan mulai pekan depan.

"Kita harap DKI Jakarta mulai minggu depan, satu hari target yang kita berikan 100.000 bisa dicapai. Sebanyak 100.000 per hari," ujar Presiden.

Presiden memerintahkan Menteri Kesehatan dan Gubernur DKI terkait manajemen pelaksanaan, persiapan dan ketersediaan jumlah vaksin.

"Dari hitung-hitungannya saya kira insya Allah semuanya lancar," jelas Presiden.

Vaksinasi. (Foto:Sekretariat Presiden)
Vaksinasi. (Foto:Sekretariat Presiden)

Vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat usia 18 tahun ke atas telah dimulai sejak Rabu (9/10) di Provinsi DKI Jakarta. Pemerintah sebelumnya telah memperluas target vaksinasi ke masyarakat usia 50 tahun dan disabilitas. Kini pemerintah menambah target vaksinasi, yakni bagi masyarakat usia 18 tahun ke atas.

Juru Bicara Vaksinasi COVID-19 Kementerian Kesehatan Siti Nadia Tarmizi mengatakan, vaksinasi bagi masyarakat usia 18 tahun ke atas untuk sementara dilakukan hanya di Provinsi DKI Jakarta dengan melibatkan Unit Pelaksanan Teknis (UPT) Vertikal Kemenkes seperti di antaranya Puskesmas, rumah sakit dan Kantor Kesehatan Pelabuhan di DKI Jakarta.

Rencananya bulan Juli 2021 vaksinasi COVID-19 bagi masyarakat usia 18 tahun ke atas akan dilakukan di seluruh UPT Vertikal Kemenkes. Berdasarkan data yang masuk ke Kemenkes sampai tanggal 6 Juni 2021 persentase kasus positif di Provinsi DKI Jakarta selama satu pekan terakhir sebesar 7,62 persen (Iebih dari 5 persen). Hal ini menunjukkan bahwa transmisi penularan penyakit di Provinsi DKI Jakarta masih cukup tinggi. (Knu)

Baca Juga:

Puluhan RPTRA di Jakpus Disulap Jadi Lokasi Vaksinasi Usia 18 Tahun ke Atas

#Vaksinasi #Vaksin Covid-19 #Jokowi #Protokol Kesehatan #Kemenkes #Jakarta
Bagikan
Bagikan