Jokowi Perintahkan BMKG Beli Alat Deteksi Dini

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 24 Desember 2018
Jokowi Perintahkan BMKG Beli Alat Deteksi Dini
Presiden Jokowi meninjau fasilitas pariwisata di Hotel Mutiara Carita, Pandeglang, Banten, Senin (24/12) (@sekretariat.kabinet)

Merahputih.com - Presiden Joko Widodo memberi arahan kepada Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika untuk melengkapi dirinya dengan alat pendeteksi dini gelombang tsunami.

"Ke depan saya perintahkan BMKG untuk membeli alat-alat deteksi 'early warning system' yang bisa memberikan peringatan-peringatan dini kepada kita semua, kepada masyarakat," kata Presiden dalam jumpa pers saat meninjau fasilitas pariwisata di Hotel Mutiara Carita, Pandeglang, Banten, Senin (24/12).

Menurut Presiden, koordinasi yang dilakukan tim gabungan TNI dan Polri serta BNPB dalam memitigasi bencana dari darat dan lautan. Presiden meminta tim evakuasi dan bantuan untuk segera memantau daerah-daerah yang berpotensi terkena dampak tsunami.

Presiden Joko Widodo didampingi Menteri Sosial Agus Gumiwang, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, dan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, tiba di Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten (@sekrtariat.kabinet)

"Hari ini akan disisir kembali tapi lewat laut mengenai kemungkinan-kemungkinan tempat yang belum terpantau oleh kita," ujar Kepala Negara.

Presiden juga meminta wisatawan yang sedang berlibur untuk selalu berhati-hati dan waspada. Presiden telah meninjau kawasan terdampak tsunami Selat Sunda di Kabupaten Pandeglang, Banten.

Dia telah mengunjungi sejumlah posko bantuan di Kecamatan Labuan menemui pengungsi dan berdialog dengan korban luka-luka. Kepala Negara telah mengakhiri kunjungannya sekitar pukul 12.00 WIB menumpang helikopter TNI AU.

Pada Sabtu malam (22/12), sebagaimana dikutip Antara, BMKG mencatat adanya gelombang tsunami yang bersamaan dengan gelombang pasang laut akibat fenomena atmosferik bulan purnama. (*)

#Jokowi #Tsunami Selat Sunda
Bagikan
Bagikan