Jokowi Perintah Ratusan Ribu TNI 'Keluar Barak' Disiplinkan Warga Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto meninjau kesiapan pasukan TNI. (ANTARA/HO Puspen TNI)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memerintahkan ratusan ribu aparat TNI/Polri keluar barak. Pasukan gabungan itu akan diterjukan ke sejumlah titik keramaian untuk lebih mendisiplinkan masyarakat mengikuti protokol kesehatan untuk pencegahan virus COVID-19.

"Mulai hari ini akan digelar oleh TNI-Polri, pasukan untuk berada di titik keramaian dalam rangka pendisiplinan. Lebih mendisiplinkan masyarakat agar mengikuti protokol kesehatan sesuai PSBB," kata Jokowi di Stasiun MRT Bundaran HI, Jakarta, Selasa (26/5).

Baca Juga:

Jokowi 'Mulai' Gerakan Kedisiplinan New Normal dari Stasiun MRT HI

Menurut Presiden, personel TNI-Polri akan disebar secara masif di empat provinsi serta 25 kabupaten dan kota mulai hari ini. Jokowi berharap kehadiran personel TNI-Polri di ruang publik, seperti stasiun MRT, membuat masyarakat lebih tertib dan taat dalam mengikuti protokol kesehatan.

Jokowi kapolri dan Panglima TNI
Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi Panglima TNI dan Kapolri saat meninjau Stasiun MRT Hotel Indonesia. (Tangkapan Layar/Kanugrahan)

Kepala Negara juga menyoroti pertambahan kasus COVID-19 di Indonesia yang masih saja terus melonjak tinggi. Jokowi mengharapkan dengan turunnya ratusan ribu pasukan itu bisa membuat kurva penambahan kasus harian kasus positif COVID-19 turun dan masyarakat bisa beraktivitas normal kembali.

"Kita lihat R0 (jumlah orang yang ditulari oleh tiap orang sakit) beberapa provinsi sudah di bawah satu dan kita harap semoga turun dengan digelarnya pasukan TNI-Polri secara masif," kata Jokowi.

Baca Juga:

Pengamat Wanti-Wanti Kesiapan New Normal Pemerintah Jangan Setengah Matang

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menjelaskan tahap awal rencananya pendisiplinan protokol kesehatan ini akan dilaksanakan di 4 provinsi dan 25 kabupaten dan kota. Empat provinsi tersebut adalah Provinsi DKI Jakarta, Provinsi Jawa Barat (khususnya Bekasi), Provinsi Sumatera Barat dan Provinsi Gorontalo.

“Akan ada kurang lebih 340 ribu anggota TNI/Polri dilibatkan untuk mengamankan 1.800 titik di 4 provinsi tersebut," tegas jenderal bintang 4 TNI AU itu, saat mendamping Presiden Jokowi di Stasiun MRT HI. (Knu)

Baca Juga:

'Welcome The New Normal', Jokowi Dijadwalkan Tinjau Operasional Mal di Bekasi


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH