Jokowi Pastikan Bantuan Selanjutnya Untuk Etnis Rohingya

Zaimul Haq Elfan HabibZaimul Haq Elfan Habib - Senin, 18 September 2017
Jokowi Pastikan Bantuan Selanjutnya Untuk Etnis Rohingya
Presiden Joko Widodo (kelima kiri) saat melepas bantuan ke Myanmar. (ANTARA FOTO/Rosa Panggabean)

MerahPutih.com- Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan jika Pemerintah Indonesia akan kembali mengirimkan bantuan kepada korban tragedi kemanusian di Rohingya, Myanmar. Bantuan tersebut, rencanannya akan diberikan pada pekan ini.

“Kita akan kembali kirim bantuan ke perbatasan Bangladesh dan Myanmar. Entah melalui kontainer atau pesawat, yang jelas bantuan akan segera dikirimkan,” jelas Jokowi saat menghadiri Silaturahmi Nasional (Silatnas) Majelis Tafsir Al-Quran (MTA) ketiga di Stadion Manahan, Solo, Minggu (17/9) kemarin.

Mantan Walikota Solo ini menerangkan, bantuan itu bukan pertama kalinya. Mengingat sejak awal Januari lalu, pemerintah Indonesia sudah mengirimkan obat-obatan dan makanan sebanyak 10 kontainer. Belum lagi, pada awal bulan kemarin juga mengirimkan empat peswat hercules yang membawa selimut, obat-obatan dan makanan.

“Secara tegas, tragedi kemanusian di Myanmar harus dihentikan. Saya juga sudah mengutus Menlu (Menteri Luar Negeri) (Retno Marsudi-red) berkali-kali ke Myanmar, untuk mendesak militer Myanmar menghentikan aksi tersebut,” katanya.

Sebelumnya diberitakan, ada empat pesawat Hercules saat ini siaga di Pangkalan Udara Sultan Iskandar Muda, Provinsi Aceh untuk mengirimkan bantuan kemanusiaan bagi etnis Rohingya di perbatasan Myanmar-Bangladesh dari Indonesia.

Berita ini merupakan laporan dari kontributor merahputih.com di Solo dan sekitarnya, Win. Baca berita terkait Kota Solo lainnya di: Lebaran Tahun Ini Jadi Momentum Kebangkitan Pasar Klewer

#Krisis Rohingya #Imigran Rohingya #Pengungsi Rohingya #Bantuan Sosial
Bagikan
Ditulis Oleh

Zaimul Haq Elfan Habib

Low Profile
Bagikan