Jokowi Pamer Dapat WTP dari BPK Presiden Jokowi. Foto: Setkab

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memamerkan capaian laporan keuangan pemerintah pusat yang berhasil mendapatkan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK).
Menurut Jokowi, capaian opini WTP didapatkan pemerintah pusat pada 2016-2018.

Kepala Negara mengatakan tidak hanya pemerintah pusat yang mendapatkan opini WTP terhadap laporan keuangannya, Pemerintah Daerah juga berhasil menorehkan prestasi dengan kenaikan laporan keuangan WTP menjadi 78 persen.

Baca Juga: Jokowi: Hilangkan Ego Sektoral dan Perkuat Terobosan

"Pemda dengan WTP berhasil ditingkatkan dari 47% di tahun 2014 menjadi 78% di tahun 2018," kata Jokowi di Gedung DPR/MPR, Jakarta Pusat, Jumat (16/8).

Jokowi yang mengenakan jas biru tua dipadu peci hitam ini mengatakan, BPK juga mengembalikan kas dan aset negara Rp 4,38 triliun.

Presiden Jokowi

"BPK juga telah memeriksa kinerja dan kepatuhan pemerintah dan badan lainnya, serta berhasil mengembalikan kas dan aset negara sebesar Rp 4,38 triliun," ujar Jokowi seraya disambut tepuk tangan ratusan anggota dewan dan undangan.

Baca Juga: Sandiaga Uno hingga Megawati Hadiri Pidato Kenegaraan Jokowi

Selain itu, Jokowi mengatakan sepanjang Agustus 2018-Juli 2019, DPR dan Pemerintah telah menyelesaikan pembahasan 15 RUU. Selain capaian itu, dia meminta DPR mendukung upaya pemerintah untuk reformasi legislasi.

"Undang-undang yang bertabrakan satu dengan yang lain harus kita selaraskan. Undang-undang yang menyulitkan rakyat harus kita bongkar," kata Jokowi.

Masalah peraturan juga kembali disinggung Jokowi saat bicara soal peraturan ketika memaparkan keberjalanan DPD. Dia berarap DPD selalu selaras bersama pemerintah untuk bergerak membangun Indonesia dari pinggiran.

Baca Juga: Presiden Jokowi Sampaikan Tiga Kali Pidato di Sidang Tahunan MPR

"Peraturan Daerah-Peraturan Daerah (Perda) yang formalitas, berbelit-belit, dan menghambat masyarakat serta pelaku usaha harus dipangkas. Tata kelola pemerintahan dan keuangan daerah harus ditingkatkan," ucap Jokowi. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH