Terjadi Pemadaman 10 Jam, Jokowi Pagi Ini Datangi Kantor Pusat PLN Presiden Jokowi (Biro Pers Setpres)

Merahputih.com - Presiden Joko Widodo direncanakan akan mengunjungi kantor pusat PT Perusahaan Listrik Negara (PLN) di kawasan Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Senin (5/8) pagi.

Kedatangan Jokowi yang rencananya juga akan didampingi oleh lima menterinya diduga merupakan buntut dari pemadaman listrik selama 10 jam yang terjadi Minggu (4/8). Dikutip dari Kontan, Jokowi beserta para menterinya akan datang ke kantor PLN pukul 09.00 WIB.

Pemadaman listrik yang terjadi di Jawa Barat, Jakarta dan Banten pada Minggu (4/8) memang terjadi mulai sekitar 11.30 WIB. Pemadaman yang dialami pelanggan listrik di Jawa Barat, Jakarta dan Banten berawal dari gangguan beberapa kali pada Saluran Udara Tegangan Extra Tinggi (SUTET) 500 kV Ungaran- Pemalang.

Tapi, pukul 17.30 WIB PLN berhasil mengalirkan tegangan listrik ke GITET Balaraja. Selanjutnya tegangan dialirkan menuju ke PLTU Suralaya agar dapat beroperasi secara bertahap mencapai kapasitas 2.800 MW.

Presiden Jokowi dan sejumlah pejabat berdiskusi di Bukit Soeharto, Kab. Kutai Kartanegara, Kaltim, saat mengunjungi lokasi tersebut Selasa (7/5) siang. (Foto: Biro Setpres)
Presiden Jokowi dan sejumlah pejabat berdiskusi di Bukit Soeharto, Kab. Kutai Kartanegara, Kaltim, saat mengunjungi lokasi tersebut Selasa (7/5) siang. (Foto: Biro Setpres)

Sebelum itu, PLN telah berhasil mengoperasikan PLTA Saguling dan PLTA Cirata yang berfungsi sebagai penstabil daya dan tegangan sekaligus untuk mengirimkan pasokan listrik dari Timur ke Barat menuju PLTU Suralaya. Melalui GITET Cibinong, Depok, Gandul, Lengkong, Balaraja dan Suralaya.

Dengan masuknya GITET Balaraja yang akan menuju ke PLTU Suralaya diperkirakan akan beroperasi secara bertahap hingga 6 jam kedepan untuk penormalan seluruh sistem Jawa Barat dan Banten.

"PLN telah melakukan upaya-upaya maksimal dan akan melakukan evaluasi internal untuk mencegah terulangnya kejadian hari ini," jelas Inten. (Asp)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH