Jokowi Minta Prajurit TNI Tak Gaptek Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara/Bayu Prasetyo)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan, dalam era yang penuh dengan kemajuan teknologi, alutsista yang digunakan TNI harus semakin maju.

Untuk menunjang hal tersebut, sumber daya manusia TNI juga harus semakin tangguh, semakin adaptif, dan memegang teguh jiwa Sapta Marga.

Baca Juga:

Jokowi Janji Utamakan TNI dan Tingkatkan Posisi Baru bagi Perwira

"Sebagai Panglima Tertinggi TNI, saya perintahkan agar pertama prajurit TNI di masa depan harus memiliki kemampuan adopsi dan adaptasi teknologi baru serta menjunjung tinggi kemandirian strategis alutsista produk dalam negeri," kata Jokowi dalam amanatnya pada upacara HUT ke-74 TNI, di Taxy Way Echo Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10).

Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)
Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/NOVA WAHYUDI)

Menurut Jokowi, prajurit TNI tidak boleh lagi terjebak dalam ego matra.

Ia menegaskan, prajurit TNI harus mampu bersinergi dengan kementerian dan lembaga seperti Polri, Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dan Badan Keamanan Laut (Bakamla).

Baca Juga:

Modernisasi Alutsista TNI di Era Jokowi Dinilai Tak Punya Arah Jelas

"Ketiga, prajurit TNI wajib menjaga kemanunggalan TNI bersama rakyat melalui Operasi Bhakti dan program Tentara Manunggal Membangun Desa," ujar Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengucapkan terima kasihnya kepada para pejabat dan perwira tinggi utama yang telah membantu periode kepemimpinannya tahun 2014-2019.

Ratusan siswa di Malut memenuhi pameran alutsista dalam meramaikan HUT TNI ke-74 dan pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 (Antara/Abdul Fatah)
Ratusan siswa di Malut memenuhi pameran alutsista dalam meramaikan HUT TNI ke-74 dan pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-106 (Antara/Abdul Fatah)

"Kontribusi bapak-bapak beserta semua jajaran prajurit TNI, sungguh sangat berarti bagi perjalanan negeri ini. Telah menjadi bhayangkari bangsa dan negara dalam menegakkan NKRI serta mengawal kemajuan Indonesia tercinta," ucap Jokowi.

"Dirgahayu TNI! Teruslah menjadi tentara profesional dan teruslah menjadi kebanggaan rakyat!" ujarnya. (Knu)

Baca Juga:

Rayakan HUT ke-74, Prajurit TNI: Kesetiaan Kami Tak Perlu Diragukan



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH