Jokowi Minta Para Perwira TNI dan Polri Bawa Indonesia Menjadi Negara Maju

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 14 Juli 2022
Jokowi Minta Para Perwira TNI dan Polri Bawa Indonesia Menjadi Negara Maju
Presiden Joko Widodo menyampaikan pidato dalam upacara Prasetya Perwira TNI dan Polri Tahun 2022 di Istana Merdeka Jakarta.(Foto: Antara)

MerahPutih.com- Presiden Joko Widodo atau Jokowi melantik perwira TNI dan Polri lulusan Angkatan Militer (AKMIL) dan Akademi Kepolisian (AKPOL) 2022. Upacara pelantikan digelar di halaman Istana Merdeka Jakarta, Selasa (14/7).

Pelantikan para perwira TNI berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) RI Nomor 44/TNI/2022 tentang Pengangkatan Taruna-Taruni Akademi Tentara Nasional Indonesia.

Baca Juga:

Jokowi Dorong UMKM Manfaatkan Aplikasi Daring untuk Dongkrak Omzet

Sedangkan, pelantikan para perwira Polri berdasarkan Keppres Nomor 45/Polri/2022 tentang Pengangkatan Taruna-Taruni Akademi Kepolisian.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi juga memberikan penghargaan Adhi Makayasa kepada empat perwira TNI dan Polri. Adhi Makayasa adalah penghargaan tahunan yang diberikan kepada lulusan terbaik dari masing-masing matra TNI-Polri.

Ia meminta para perwira TNI dan Polri dapat membawa Indonesia menjadi negara maju di masa mendatang.

Para perwira tersebut merupakan masa depan institusi TNI dan Polri, sehingga harus mampu memahami strategi pertahanan bangsa Indonesia di masa depan.

"Saudara harus cakap memahami masa depan, memahami strategi pertahanan masa depan, menghadapi tantangan masa depan, menguasai teknologi masa depan, pandai, dan berketerampilan sesuai dengan kebutuhan masa depan," ucapnya.

Baca Juga:

Jokowi Segera Kirim Nama Pengganti Lili Pintauli Siregar ke DPR

Jokowi juga meminta para perwira TNI dan Polri berprestasi sebagai kesatria tangguh serta menunjukkan integritas dan loyalitas kepada masyarakat, bangsa, dan negara.

"Jadilah pemimpin yang berkarakter, menjadi sumber inspirasi dan teladan, mengedepankan integritas dan kepentingan negara di atas segala-galanya," jelasnya.

Ia juga berbicara tentang krisis di sejumlah negara akibat pandemi yang tidak kunjung selesai. Jokowi bersyukur kondisi RI masih terkendali. Ia berharap para perwira yang baru dilantik untuk bisa menghadapi tantangan dunia ke depan.

"Oleh karena itu, saya berharap kepada Saudara-saudara untuk menjadi yang terdepan menghadapi tantangan zaman, menghadapi dunia yang penuh ketidakpastian, menghadapi krisis yang datang bertubi-tubi," kata Jokowi. (Knu)

Baca Juga:

Indonesia 3 Tahun Tidak Impor Beras, Jokowi Yakin Segera Swasembada

#PERWIRA #TNI #Polri #Presiden Joko Widodo
Bagikan
Bagikan