Jokowi Minta Pabrikan Fokus ke Mobil Listrik dan Perbanyak Ekspor

Mula AkmalMula Akmal - Kamis, 16 Februari 2023
Jokowi Minta Pabrikan Fokus ke Mobil Listrik dan Perbanyak Ekspor
Presiden Joko Widodo memberikan keterangan kepada wartawan usai meninjau pameran Indonesia International Motor Show Tahun 2023. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo resmi membuka pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2023 di JIExpo Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (16/2).

"Dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim pagi ini saya buka pameran otomotif Indonesia International Motor Show," kata Joko Widodo.

Baca Juga:

Ulang Tahun Ke-51 Basarnas, Jokowi: Terima Kasih Atas Dedikasinya

Jokowi juga meminta agar seluruh pabrikan di Indonesia menuju era elektrifikasi khususnya full Electric Vehicles (EV). Pasalnya, tren semua negara mendorong penggunaan mobil listrik.

Ia mengajak industri otomotif untuk melihat tren ini dan sedikit semi sedikit menggeser industri yang hampir semua negara ke arah itu dari combustion geser ke mobil listrik.

"Karena pemerintah sekarang ini terus mendorong dari hulu sampai hilir ekosistem besar mobil listrik segera dimiliki sehingga bisa masuk supply chain global," jelas dia.

Jokowi mengungkapkan industri otomotif di Indonesia makin melesat.

"Setiap tahun tumbuh signifikan. Tahun 2022 tumbuh 18 persen. Penjualan 2022 mobil 1 juta 48 ribu mobil. Dan juga motor mengalami peningkatan 3,3 persen. Meningkat di angka 5 juta 221 ribu unit di 2022," ujar Jokowi.

Imbas moncernya penjualan di Indonesia jalanan semakin padat kendaraan bermotor.

"Jakarta macet. Surabaya macet, Bandung macet, Medan macet, karena memang penjualannya sampai angka segitu," tambah dia.

Baca Juga:

Jokowi Ingatkan Frekuensi Bencana di Indonesia Meningkat 81 Persen

Untuk itu Jokowi mendorong supaya Indonesia bisa meningkatkan angka eskpor.

"Supaya tidak macet saya mengajak industri otomotif untuk berorientasi pada ekspor. Memang meningkatnya tajam dari 300 ribu ini hampir 600 ribu," ungkap dia.

Apalagi saat ini Indonesia masih kalah soal ekspor jika dibandingkan dengan Thailand.

"Ini kami ucapkan terimakasih ke industri otomotif. Tapi kita masih kalah sama Thailand. Makanya kami mau dorong lagi supaya ekspor naik lagi," pinta Jokowi.

IIMS 2023 menghadirkan total 145 peserta. 45 peserta merupakan merk kendaraan roda empat, roda dua, dan kendaraan listrik. Mengusung tema BOOST (Bringing Opportunity for Otomotive Society Together), IIMS 2023 mewadahi ruang temu bagi pelaku bisnis, komunitas, dan konsumen, bahkan IIMS telah menjadi rantai ekosistem baru bagi industri otomotif Indonesia.

Promotor optimis menghadirkan 400 ribu pengunjung dalam 11 hari, dengan target transaksi senilai Rp 3,8 triliun. (Knu)

Baca Juga:

Iriana Jokowi akan Nikahkan Adiknya di Surabaya, Gibran: Doakan Acaranya Lancar

#Jokowi #Joko Widodo #Mobil Listrik #Otomotif #Ekspor
Bagikan
Bagikan