Jokowi Menang di Jateng karena 'Dibantu' Posko BPN Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. - ANTARA/Rosa Panggabean

MerahPutih.com - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo angkat bicara soal kemenangan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) dan pasangan calon presiden dan calon wakil presiden nomor urut 01 Joko Widodo-Ma'ruf Amin.

Ganjar meyakini, adanya posko Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo Subianto-Sandiaga Uno justru menambah semangat kemenangan.

MP/Ponco Sulaksono
Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo. Foto: MP/Ponco Sulaksono

"Kayaknya justru poskonya (BPN Prabowo-Sandi) ditaruh di sana jadi semua semangat. Jadi semua semangat, semua bekerja dan alhamdulillah di Jawa Tengah kondusif ya, bekerjanya juga cukup serius. Kelompok masyarakat, kelompok ulama, kebetulan mereka solid untuk mendukung Jokowi-Maruf," kata Ganjar di Jakarta, Jumat (10/5).

Mantan Wakil Ketua Komisi II DPR ini kemudian mencontohkan raihan suara di sejumlah daerah yang menurutnya mengejutkan. Alasannya, saat Pilkada 2018, dirinya kalah di wilayah itu, namun saat Pilpres suara Jokowi-Ma'ruf unggul.

"Saya dulu kan kalah di Brebes, tapi sekarang Brebes berbalik 70 persen lebih, Tegal juga lompatannya luar biasa. Kebumen juga saya kalah dulu. Purbalingga saya juga kalah, tapi pak Jokowi menang mutlak semua. Mudah-mudahan yang itu tadi tidak bikin kita sombong," tukas Ganjar.

Pasangan capres dan cawapres nomor urut 01 Jokowi- Ma'ruf unggul dalam sistem penghitungan cepat (situng) atau real count yang dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) hingga Jumat (10/5) untuk wilayah Jawa Tengah.

Posko pemenangan Prabowo - Sandiaga di Solo. (Ist)
Posko pemenangan Prabowo - Sandiaga di Solo. (Ist)

Jokowi-Ma'ruf unggul dengan perolehan 77,37 persen atau 13.752.484 suara, sedangkan pasangan capres dan cawapres nomor urut 02 Prabowo Subianto dan Sandiaga Uno meraup 22,63 persen atau 4.019.733 suara.

Berdasarkan data sementara, pasangan Jokowi-Ma'ruf unggul jauh di seluruh kabupaten/kota di Jawa Tengah.

Perolehan ini berdasarkan data pada (10/5) 13.40 WIB di situs resmi kpu.go.id yang masuk dari 94.094 TPS atau sekitar 81,53 persen dari total 115.407 TPS yang ada di seluruh Jawa Tengah. (Knu)


Tags Artikel Ini

Andika Pratama