Jokowi-Ma'ruf atau Prabowo Sandi, Ini Hasil Survei Populi Center Duo Paslon Jokowi-Ma'ruf Amin dan Prabowo-Sandiaga. Foto: ANTARA

MerahPutih.com - Populi Center merilis hasil survei terbarunya pascadebat perdana Pilpres 2019. Dalam survei tersebut, paslon nomor urut 01, Jokowi-Ma'ruf Amin masih mengungguli pasangan Prabowo-Sandiaga.

Dari survei tersebut, elektabiltas Jokowi-Ma'ruf mencapai 54,1 persen, sedangkan Prabowo-Sandiaga berada di angka 31 persen. Solid voters Jokowi-Ma’ruf dan Prabowo-Sandi meningkat pasca debat

Jokowi-Ma'ruf

"Untuk solid voters Jokowi-Ma’ruf meningkat dari 88,9 persen sebelum debat menjadi 90,8 persen setelah debat. Sementara untuk solid voters Prabowo-Sandi dari 82,6 persen sebelum debat menjadi 85,5 persen pasca debat," kata peneliti Populi Center Dimas Ramadhan dalam rilisnya di Jakarta, Kamis (7/2)

Dari sisi swing voters, Populi Center mencatat pasangan Prabowo-Sandi unggul dengan 11,3 persen lebih banyak dibanding paslon Jokowi-Ma’ruf yang hanya 6,2 persen pascadebat.

PDIP menjadi partai yang paling solid mendukung Jokowi-Ma'ruf dengan 89,8 persen, diikuti PKB (76,5 persen), NasDem (75 persen), dan Hanura (75 persen). Sedangkan pemilih partai Perindo, PPP, dan PSI belum sepenuhnya mendukung pasangan nomor urut satu ini.

Sementara itu, Pemilih partai Gerindra (89,4 persen) solid mendukung pasangan Prabowo-Sandi. Sementara pemilih partai Demokrat, PAN, dan PKS tidak sepenuhnya solid karena masih ada 20-an persen pemilih mendukung Jokowi-Ma’ruf.

Dalam konteks debat, paslon Jokowi-Ma’ruf dianggap sebagai pasangan yang paling jelas visi dan misinya (55,7 persen) dan paling unggul dalam debat (53,1 persen).

Prabowo-Sandiaga. Foto: ANTARA

Survei ini dilakukan dengan cara wawancara tatap muka dengan 1.486 responden yang dipilih menggunakan metode acak bertingkat (multistage random sampling) dengan margin of error +/- 2,53 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen. (*)



Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH