Jokowi Lepas Beban Elektoral, Kabinet Layak Diisi Nama-Nama Seperti Susi Pudjiastuti

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 12 Juli 2019
Jokowi Lepas Beban Elektoral, Kabinet Layak Diisi Nama-Nama Seperti Susi Pudjiastuti
Presiden Jokowi (Merahputih.com / Albi)

Merahputih.com - Pengamat komunikasi politik Universitas Mercu Buana Afdal Makkuraga menilai Presiden Joko Widodo punya hak untuk lebih bebas memilih menteri dan menyusun kabinetnya. Pasalnya, saat ini sudah tidak lagi terikat beban elektoral.

"Ini sudah periode ke dua, jadi tidak perlu lagi memikirkan elektoral kerena periode selanjutnya Presiden Jokowi tidak ikut pilpres," kata Afdal di Jakarta, Kamis (11/7).

BACA JUGA: Ladang 'Basah', Kementerian Ini bakal Jadi Rebutan Parpol Koalisi

Dengan kebebasan itu sebaiknya presiden menurut dia bisa menunjuk calon-calon menteri yang benar-benar berkompeten di bidangnya, bukan karena sodoran partai politik koalisi.

"Seharusnya nama-nama dari kalangan profesional seperti menteri Susi Pudjiastuti bisa lebih banyak lagi berada di kabinet," kata Afdal dikutip Antara.

Presiden Jokowi Facebook Presiden Jokowi

Setidaknya komposisi kalangan profesional dan politisi parpol bisa berimbang dalam kabinet periode kedua kepemimpinan Presiden Joko Widodo.

Presiden akan lebih mudah mewujudkan program yang belum terealisasi pada periode pertama dan rencana periode keduanya ketika nama-nama yang berkompeten berada di struktur kabinet.

BACA JUGA: Sri Mulyani Indrawati: Menteri dengan Segudang Prestasi dan Kandidat Cawapres Jokowi

"Yang dibutuhkan adalah orang-orang yang benar-benar bisa menerjemahkan dan merealisasikan visi dan misi presiden Jokowi," ujarnya. (*)

#Kabinet Kerja #Presiden Jokowi
Bagikan
Bagikan