Jokowi Layak Pertimbangkan Ahok Jadi Menteri Mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahja Purnama. (Foto: setkab).

MerahPutih.com - Sosok tegas dan berani seperti Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok, dinilai layak untuk membenahi insititusi BUMN yang kerap terjadi polemik terutama soal tudingan sebagai tempat bagi-bagi jabatan.

Pengamat Politik Petrus Selestinus menilai Presiden Jokowi membutuhkan menteri yang bisa bekerja dan kerjanya itu menjawab kebutuhan masyarakat.

"Karena reshuffle ini kaitannya dengan banyak menteri yang tidak bisa bekerja secara cepat," kata Petrus kepada wartawan, Sabtu (4/7).

Baca Juga:

Tangani COVID 19, Publik Puas Dengan Kinerja Pemda

Petrus menyebutan, Ahok layak dipertimbangkan Presiden Jokowi untuk menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju karena miliki rekam jejak jelas, bersih, dan pekerja all out.

Presiden Jokowi
Presiden Jokowi. (Foto: Antara)

Sementara itu, Politikus PKS Mardani Ali Sera meminta para menteri untuk memiliki rasa pengorbanan yang sama terkait krisis kesehatan dan ekonomi yang dialami Indonesia saat ini.

"Saya tidak mau suudzon, tapi kalau seminggu ini tidak ada kabar (reshuffle), maka omdo, omong doang," ujarnya.

Menurut Mardani, saat ini merupakan waktu yang tepat untuk kembali mengevaluasi kinerja menteri Kabinet Indonesia Maju. Jika Jokowi tidak membuktikan perkataannya tersebut, justru akan memicu berkurangnya kepercayaan publik kepada pemerintah.

"Ruang publik kian cerdas, kalau sudah rilis, sudah kelihatan mimiknya, tetapi tidak klimaks, tanpi anti klimaks nanti ada erosi trust (kepercayaan) kepada pemerintah," katanya.

Baca Juga:

Yogyakarta Mulai Gencarkan Promosi Wisata Alam



Alwan Ridha Ramdani

LAINNYA DARI MERAH PUTIH