Jokowi Kerap Blusukan di Hari Ulang Tahunnya, Kenapa?

Wisnu CiptoWisnu Cipto - Kamis, 21 Juni 2018
Jokowi Kerap Blusukan di Hari Ulang Tahunnya, Kenapa?
Warga menuliskan ucapan Selamat Ulang Tahun kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto: Antara

MerahPutih.com - Hari ini Presiden Joko Widodo (Jokowi) tepat berusia 57 tahun. Ada fakta menarik di balik hari ulang tahun orang nomor satu di Indonesia yang lahir di solo 21 Juni 1961 silam itu.

Jokowi tidak pernah mau menganggap istimewa hari ulang tahunnya. Bahkan, beberapa kali Kepala Negara memutuskan tetap bekerja seperti biasa di hari perayaan kelahirannya. Begitu pula tahun ini yang jatuh Kamis ini. Berikut fakta menarik seputar hari ulang tahun Presiden Jokowi yang dirangkum MerahPutih.com:

1. Blusukan di Hari Ultah

jokowi terminal 3
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat meninjau Terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta. Foto: Dok BUMN.


Tercatat sedikitnya sudah empat tahun Jokowi menghabiskan hari ulang tahun dengan blusukan. pertama saat beliau menjabat sebagai Gubernur DKI Jakarta pada tahun 2013, kala itu ia blusukan ke Kepulauan Seribu.

Saat sudah menjadi Presiden, Jokowi kembali blusukan ketika hari ulang tahunnya ke Belitung, Kepulauan Riau pada 2015. Tahun berikutnya, Jokowi merayakan ulang tahunnya dengan mengunjungi tiga kota, yakni Bogor, Depok, dan Bekasi, Jawa Barat.

Lagi-lagi, Jokowi memilih blusukan ke Bandara Soekarno-Hatta di peringatan hari kelahirannya tahun ini. Presiden meninjau pembangunan landasan pacu baru yang di terminal 3 dan meninjau kondisi arus balik Lebaran di terminal 1 bandara Soetta.

2. Tanggal Kelahiran Jokowi sama dengan Tanggal kematian Bung Karno

Peti jenazah Bung Karno. (Foto: suciptoardi.wordpress.com)


Siapa sangka tanggal kelahiran Presiden Joko Widodo sama dengan tanggal meninggalnya Bapak Proklamator Ir Soekarno atau Bung Karno. Sejak lama Bung Karno menderita sakit ginjal. Namun, pada 21 Juni 1961 kondisi semakin parah.

Presiden pertama Indonesia itu meninggal di RS Pusat Angkatan Darat (RSPAD) Gatot Subroto pada hari itu. Adapun, pada tanggal yang sama 9 tahun sebelumnya, tepatnya pada 21 Juni 1961, Presiden Jokowi dilahir di Solo.

3. Hari Ulang Tahun Sama dengan Ignasius Jonan

jonan
Menteri ESDM Ignasius Jonan dan Presiden Jokowi. Foto: Antara


Pada hari ini 21 Juni ternyata ada dua orang di Kabinet Kerja yang merayakan hari ulang tahun. Pertama tentu saja pemimpin kabinet sang Presiden Jokowi. Orang yang kedua adalah Ignasius Jonan yang kini menjabat sebagai Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). Jonan dilahirkan tanggal 21 Juni 1963, atau dua tahun lebih muda ketimbang Presiden Jokowi.

4. Dikerjai Wartawan Istana

Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi). Foto:konfrontasi


Presiden Jokowi yang merayakan hari lahirnya menjadi korban keisengan wartawan Istana. Aksi iseng para wartawan ini dilakukan saat Jokowi tengan meninjau terminal 3 Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Banten, pascalibur panjang Idul Fitri 2018.

Para wartawan istana itu sengaja mencegat Jokowi di area landasan pacu (runway) terminal tiga. Semua itu berawal dari pertanyaan repoter TVRI.

"Pak Jokowi, ada informasi penting yang perlu kami sampaikan. Ini tentunya tidak 'fair' jika kami, wartawan di Istana, tidak menyampaikan ini. Terlebih lagi Bapak kelihatannya akan maju pada pemilihan presiden," kata dia.

"Bapak siap mendengarkan? Hal ini penting untuk Bapak ke depan dalam memimpin bangsa dan negara," imbuh reporter TVRI itu saat meliput blusukan Presiden Jokowi di Bandara Internasional Soekarno-Hatta, Kamis (21/6).

Presiden pun langsung memasang tampang serius mempersilakan wartawan bertanya. Ternyata pesan penting yang disampaikan adalah adalah ucapan selamat ulang tahun kepada mantan Wali Kota Solo itu. "Pesan kami adalah selamat ulang tahun, Bapak!" kata para wartawan.

Sontak saja, Jokowi tak bisa menahan senyum menanggapi ulah iseng para juru tinta. "Saya tidak pernah ulang tahun," jawab Presiden sambil tertawa.

"Dapat kado apa dari ibu Iriana Pak?" tanya wartawan lain terus mencecar Presiden. "Saya tidak pernah ulang tahun," jawab Jokowi, lagi sambil tertawa dan pergi diiringi tepukan. (*)

#Presiden Jokowi Ulang Tahun
Bagikan
Ditulis Oleh

Wisnu Cipto

Bagikan