Jokowi Kembali Ingatkan Pembantunya Punya Aura Tangani Krisis

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Senin, 27 Juli 2020
Jokowi Kembali Ingatkan Pembantunya Punya Aura Tangani Krisis
Presiden Joko Widodo saat pimpin rapat. (Foto: Foto: Lukas - Biro Pers Sekretariat Presiden).

MerahPutih.com - Penyerapan anggaran stimulus penanganan COVID-19 dinilai masih belum optimal. Anggaran dengan jumlah sebesar Rp695 triliun harus dapat diserap dengan cepat untuk mengatasi penyebaran lebih lanjut dari pandemi beserta dampak yang ditimbulkannya.

Presiden Jokowi "Data terakhir yang saya terima tanggal 22 Juli, dari total stimulus penanganan Covid yaitu sebesar Rp695 triliun, yang terealisasi baru Rp136 triliun, artinya baru 19 persen," ujarnya.

Presiden lantas memerinci serapan anggaran itu yang di antaranya di bidang perlindungan sosial yang baru terserap 38 persen, UMKM sebesar 25 persen, sektor kesehatan yang baru terealisasi 7 persen, dan insentif dunia usaha sebesar 13 persen dan dukungan untuk sektoral dan pemerintah daerah yang juga baru terserap 6,5 persen.

Baca Juga:

Gibran 'Terdampak' Purnomo Positif COVID-19 Setelah Ketemu Jokowi

"Inilah yang harus segera diatasi oleh Komite dengan melakukan langkah-langkah terobosan, bekerja lebih cepat, sehingga serapan anggaran yang belum optimal tadi betul-betul segera diselesaikan," ujarnya.

padat karya
Presiden Jokowi cek program padat karya saat pandemi COVID-19. (Foto: Kementerian PUPR).

Jokowi mengingatkan, apabila persoalan regulasi dan administrasi menjadi kendala penyerapan anggaran tersebut, maka regulasi tersebut harus direvisi agar muncul kecepatan dalam pengelolaan anggaran penanganan dampak pandemi COVID-19.

"lakukan perbaikan dan jangan sampai ada yang namanya ego sektoral atau ego daerah. Saya kira penting sekali ini segera diselesaikan sehingga aura dalam menangani krisis ini betul-betul ada," katanya.

Baca Juga:

Anies Larang Pembeli Hewan Kurban Datang saat Pemotongan

#Jokowi #Resesi Ekonomi #COVID-19
Bagikan
Bagikan