Jokowi Kembali Gelar Ratas Virtual, Buntut Kehadiran Purnomo di Istana?

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Senin, 27 Juli 2020
Jokowi Kembali Gelar Ratas Virtual, Buntut Kehadiran Purnomo di Istana?
Presiden Joko Widodo (tengah) meninjau salah satu pusat fasilitas publik di Bekasi, Jawa Barat. ANTARA FOTO/ Fakhri Hermansyah/hp.

Merahputih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali menggelar rapat secara tatap virtual setelah beberapa waktu lalu rapat digelar secara tatap muka.

Ketika dikonfirmasi, Kepala Sekretariat Presiden (Kasetpres) Heru Budi Hartono membantah pelaksanaan ratas secara virtual dilakukan karena temuan kasus positif Achmad Purnomo yang sempat bertemu Jokowi pada Jumat (17/7).

Baca Juga

Eks Dirut PT Dirgantara Indonesia Akui Diperiksa KPK sebagai Tersangka

Ratas virtual hari ini dengan alasan efisiensi. Selain itu, ratas virtual juga sudah dijadwalkan dari Sekretaris Kabinet (Seskab).

“Lebih efisien dan tentunya terjadwal dari Seskab memang sudah video conference,” kata Heru Budi Hartono kepada wartawan, Senin (27/7).

Rapat tatap muka antara Jokowi dengan para menteri akan tetap ada, namun akan disesuaikan dengan jadwal Presiden. Jika jadwal Presiden padat, maka akan lebih efisien rapat dilakukan secara virtual.

“Tatap muka tetap ada. Jadi melihat waktu Bapak Presiden. Jika padat maka lebih efisien vicon. Dan tentunya akan ada jadwal rapat tatap muka juga,” jelas Heru Budi Hartono.

Rapat via dunia digital mengikuti jadwal Jokowi. Bila jadwal terlalu padat, Istana Kepresidenan akan memilih menggelar rapat secara daring. "Dan tentunya akan ada jadwal rapat tatap muka juga," ujar dia.

Jokowi pidato (Foto: Istana Presiden).

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Bey Machmudin menyebut pertemuan tatap muka akan tetap dilakukan.

Ia menuturkan dalam adaptasi kebiasaan baru pertemuan virtual bukan hal baru. Pertemuan secara fisik akan tetap dilakukan namun dengan tetap menjalankan protokol kesehatan ketat.

Rencananya, lanjut Bey, pelantikan gubernur yang digelar di Istana Negara siang ini juga akan dilakukan secara tatap muka. "Nanti pelantikan juga fisik," tutur Bey.

Sejak pandemi COVID-19 meluas, Jokowi kemudian menggelar rapat secara virtual melalui video confrence. Namun sejak penerapan adaptasi kebiasaan baru atau new normal, rapat dan sejumlah pertemuan lain mulai digelar secara tatap muka.

Baca Juga

New Normal di Solo, Anak dan Pelajar Dilarang ke Mal dan Tempat Wisata

Jokowi sendiri sempat melakukan pertemuan dengan Purnomo di istana pada 16 Juli lalu. Tak lama setelah itu, Purnomo melakukan tes swab dan dinyatakan positif Covid-19.

Presiden pun menjalani tes swab bersama ibu negara Iriana dan hasilnya dinyatakan negatif. (Knu)

#Presiden Jokowi #Rapat Terbatas
Bagikan
Bagikan