Jokowi Keluarkan Istilah Baru 'Politik Genderuwo', Artinya Ini Pidato Presiden Jokowi. Foto: Setkab

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengecam kini banyak politikus yang mengedapankan propaganda untuk menakut-nakuti publik dalam kampanye mereka.

“Mereka melakukan politik dengan propaganda menakutkan, membuat ketakutan, membuat kekhawatiran, propaganda ketakutan,” kata Presiden Jokowi saat memberikan sambutan pada penyerahan 3.000 sertifikat tanah untuk warga Tegal dan sekitarnya, di GOR Tri Sanja, Tegal, Jawa Tengah, Jumat (9/11).

jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) (ANT)

Menurut Jokowi, sekarang ini banyak politikus yang pandai memengaruhi tanpa etika politik yang baik, tidak pakai sopan santun politik yang baik. Setelah masyarakat takut, lanjut Presiden, para politikus itu membuat sebuah ketidakpastian di tengah-tengah masyarakat.

“Cara-cara seperti ini adalah cara-cara politik yang tidak beretika. Membuat ketakutan. Masa masyarakatnya sendiri dibuat ketakutan? Itu namanya politik genderuwo, nakut-nakuti, politik genderuwo,” ungkap dia, dilansir dari laman resmi Sekretaris Kabinet, setkab.go.id.

Jokowi mengingatkan, jangan sampai politikus genderuwo ini semakin meraja rela karena sangat berbahaya sekali memecah-belah bangsa. “Jangan sampai propaganda ketakutan menciptakan suasana ketidakpastian, menciptakan munculnya keragu-raguan,” tandas Kepala Negara. (*)



Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH