Jokowi Keluarkan 7 Instruksi ke Polri di HUT Bhayangkara Presiden Joko Widodo (kanan) selaku inspektur upacara memberikan pengarahan dalam Peringatan ke-74 Hari Bhayangkara Tahun 2020 di Istana Negara, Jakarta, Rabu (1/7/2020). ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

Merahputih.com - Bertepatan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-74 yang jatuh pada hari ini, Rabu (1/7), Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengeluarkan 7 instruksi untuk Polri.

Jokowi mengatakan, instruksi pertama yaitu Polri harus memegang tegus nilai-nilai luhur Tribrata dan Catur Prasetya dalam setiap pelaksanaan tugas. Setiap anggota harus menjaga kehormatan, kepercayaan, dan kebanggaan sebagai anggota Polri.

Baca Juga

Jokowi Marah Ancam Reshuffle Dianggap Refleksi Kecewa ke Diri Sendiri

Kedua terus melakukan reformasi diri secara total, bangun sistem dan tata kelola yang partisipatif, transparan dan akuntabel.

"Serta bangun kultur kerja polri yang profesional, modern, dan terpercaya,” ujar Jokowi dalam amanatnya di Upacara HUT Bhayangkara ke-74 di Istana Negara, Jakarta

Intruksi ketiga yaitu mantapkan soliditas internal. Dan memperkuat sinergi dengan TNI dan seluruh elemen pemerintah maupun masyarakat untuk menghadapi tantangan yang semakin kompleks.

Keempat Polri harus menerapkan strategi proaktif serta tindakan persuasif dan humanis dalam menangani masalah sosial yang terjadi di tengah masyarakat. “Kelima terus tingkatkan pelayanan publik yang modern dan profesional, lakukan penanganan hukum secara transparan berkeadilan sehingga polri semakin dipercaya masyarakat,” imbuh Jokowi.

Ilustrasi polisi. Foto: NTMC Polri

Intruksi keenam yaitu Polri terus menjaga kedisiplinan masyarakat untuk menerapkan protokol kesehatan, agar masyarakat produktif dan aman dari COVID-19.

“Ketujuh harus ikut mendukung proses pemulihan ekonomi nasional sesuai kewenangan Polri dengan penuh tangggung jawab,” jelas Jokowi.

Selain itu, Jokowi mengingatkan jajaran Polri juga harus aktif dalam mengawal penyaluran bantuan sosial serta turut menjaga keamanan ketertiban. "Agar situasi tetap kondusif aman dan damai," kata Jokowi.

Baca Juga

42 Orang Ditangkap karena Terlibat Pengambilan Paksa Jenazah, Tiga Reaktif COVID-19

Upacara yang biasanya diselenggarakan secara langsung atau tatap muka kini dilakukan secara virtual. Upacara bertempat di Istana Negara, Jakarta, serta live streaming dari Gedung Bareskrim Polri, Jakarta Selatan.

Para peringatan HUT Bhayangkara tahun ini, Polri mengusung tema “Kamtibmas Kondusif Masyarakat Semakin Produktif”. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH