Jokowi ke Riau dan Kepri Buat Tanam Pohon Mangrove

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 28 September 2021
Jokowi ke Riau dan Kepri Buat Tanam Pohon Mangrove
Penanaman mangrove (ANTARA/BRGM)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) bertolak ke Riau dan Kepulauan Riau (Kepri), untuk melakukan penanaman pohon mangrove bersama masyarakat, dan meninjau lokasi terdampak abrasi di Pantai Wisata Raja Kecik, Bengkalis.

Bersama rombongan terbatas, Presiden Jokowi lepas landas dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1.

Baca Juga:

Kerusakan Ekosistem Mangrove Indonesia Kategori Kritis Capai 637 Ribu Hektare

Setibanya di Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, Presiden akan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan helikopter Super Puma TNI AU untuk menuju Kabupaten Bengkalis.

Di Kabupaten Bengkalis, Presiden akan melakukan penanaman pohon mangrove bersama masyarakat, dan meninjau titik terdampak abrasi di Pantai Wisata Raja Kecik.

Setelah itu, Presiden akan kembali menuju Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru, dengan menggunakan helikopter. Dari Pangkalan TNI AU Roesmin Nurjadin, Presiden dan rombongan kemudian akan lepas landas menuju Provinsi Kepulauan Riau (Kepri).

Setibanya di Bandara Internasional Hang Nadim, Kota Batam, Kepri, Presiden akan menuju Kelurahan Setokok, Kecamatan Bulang untuk kembali menanam pohon mangrove bersama masyarakat.

Pada petang harinya, Presiden dan rombongan akan kembali ke Bandara Internasional Hang Nadim, Kota Batam, untuk kemudian lepas landas ke Jakarta.

Badan Restorasi Gambut dan Mangrove (BRGM) menyatakan, rehabilitasi mangrove yang dilakukan lembaga tersebut dinilai mendukung pengembangan usaha para nelayan di Desa Resun Pesisir, Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri).

Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)
Presiden Joko Widodo. (Foto: Antara)

"Wilayah tersebut memang dikenal memiliki potensi yang cukup besar di bidang perikanan, sehingga penanaman mangrove pun dinilai sangat mendukung bagi pengembangan usaha tersebut, " ujar Sekretaris BRGM, Ayu Dewi Utari dalam keterangannya di Jakarta, Minggu

Program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Rehabilitasi Mangrove yang dijalankan BRGM, tambahnya, adalah Penanaman Bibit Mangrove yang berbasis masyarakat sehingga bisa jadi tambahan penghasilan baru bagi masyarakat. Ekosistem terjaga, masyarakat sejahtera.

Selain itu, rehabilitasi mangrove juga merupakan salah satu upaya melindungi negara, karena kerusakan mangrove dapat mempengaruhi perubahan iklim di Indonesia dan juga dunia. Kepulauan Riau adalah salah satu provinsi target rehabilitasi mangrove BRGM. Di mana tahun ini luasan target rehabilitasi mangrove di Kepri adalah 5.500 hektare. (Knu)

Baca Juga:

Indonesia Bakal Bikin Regulasi Perdagangan Karbon Mangrove

#Hutan Mangrove #Kawasan Ekowisata Mangrove #Jokowi
Bagikan
Bagikan