Jokowi ke AS, Anies Berangkat ke Eropa

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Selasa, 10 Mei 2022
Jokowi ke AS, Anies Berangkat ke Eropa
Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Foto: Antara)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melakukan serangkaian agenda kunjungan kerja di Amerika Serikat (AS) pada 11-13 Mei 2022.

Bukan hanya Presiden Jokowi yang melakukan kunjungan kerja ke kuar negeri. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana mengunjungi tiga negara di Eropa.

Baca Juga:

Presiden Jokowi Bertolak ke Washington DC

Paling tidak,Anies akan berkunjung ke tiga negara yakni Inggris, Jerman, dan Prancis dengan agenda membahas kerja sama pembangunan Moda Raya Terpadu (MRT) Jakarta.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria memaparkan, Anies terbang ke Eropa pada Selasa (10/5) malam, dengan tujuan kunjungan kerja berdurasi selama delapan hari.

Selain soal MRT, lanjut dia, Anies memenuhi undangan dari komunitas di kawasan itu soal mobilitas dan transportasi. Kemudian, agenda ketiga yakni soal rencana kerja sama sister city dan smart city.

"Itu ada undangan. Jadi memang kepergian Pak Anies dan jajaran ada undangan," ujar Ariza.

 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika diwawancarai awak media di Jakarta International Stadium (JIS), Senin (2/5/2022). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan ketika diwawancarai awak media di Jakarta International Stadium (JIS), Senin (2/5/2022). ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

Jakarta sudah memiliki kerja sama sister city dengan sejumlah kota di dunia di antaranya Jeddah, Seoul, Islamabad, Rotterdam, Tokyo, Los Angles, Casablanca, dan Beijing.

Kemudian, Arkansas, Berlin, New South Wales, Paris, Bangkok, Hanoi, Istanbul, Maputo, Kyiv, Moskow, Al Qud's As Shareef atau Jerusalem, Pyongyang hingga Budapest.

Anies telah mengadakan pertemuan dengan beberapa tokoh atau pejabat dari luar negeri salah satu di antaranya dengan Menteri Perdagangan Internasional Inggris Anne-Marie Trevelyan ketika berkunjung ke Indonesia pada Rabu (23/2).

Kedua tokoh itu membahas potensi kolaborasi antara Jakarta dengan Inggris dalam berbagai program terkait iklim apalagi Jakarta memiliki target untuk mencapai zero emission pada tahun 2050.

Pertemuan itu juga mendiskusikan terkait transportasi umum di Jakarta, khususnya elektrifikasi transportasi umum massal serta pengembangan rute MRT Jakarta. (Asp)

Baca Juga:

Kehadiran Jokowi di Sirkuit Formula E Jadi Sinyal Dukung Anies di Pilpres 2024?

#Breaking #Anies Baswedan #Jokowi #Jakarta #Pemilu
Bagikan
Ditulis Oleh

Asropih

Bagikan