Jokowi: Karena Narkoba Duitnya Gede Sekali, Omzetnya Gede Sekali

Thomas KukuhThomas Kukuh - Kamis, 01 Maret 2018
Jokowi: Karena Narkoba Duitnya Gede Sekali, Omzetnya Gede Sekali
Presiden Joko Widodo setelah pelantikan Heru Wirnarko sebagai Kepala BNN. (Setkab)

MerahPutih.com - Perang terhadap narkoba sudah menjadi ikrar Presiden Joko Widodo. Karenanya, dia seperti tak ingin salah memilih orang untuk menempati posisi Kepala BNN menggatikan Komjen Pol Budi Waseso yang memasuki masa pensiun. Kamis (1/3), Jokowi mengangkat Irjen Pol Heru Winarko yang sebelumnya Deputi Penindakan KPK sebagai orang nomor satu di BNN.

Nama Heru pada akhirnya dipilih setelah namanya beredar bersama sederet nama lain calon pengganti Budi Waseso yang diusulkan. Di antaranya Kepala Badan Reserse Kriminal Polri Komisaris Jenderal Ari Dono Sukmanto, Asisten Operasi Kapolri Inspektur Jenderal Muhammad Iriawan, dan Deputi Pemberantasan BNN Inspektur Jenderal Arman Depari.

Salah satu yang menjadi alasan Jokowi mengangkat Heru adalah integritasnya, karena pengalamannya bertugas di KPK. Selain itu, Jokowi berharap apa yang telah dilakukan Heru di KPK bisa diterapkan di BNN. "Karena narkoba duitnya gede sekali, omzetnya gede sekali," ujar Jokowi dalam acara pelantikan Heri di Istana Negara, Kamis (1/3).

Dengan dilatiknya Heru pada pulul 09.00, berarti tampuk pimpinan BNN secara resmi telah beralih dari Komjen Budi Waseso kepada Heru yang merupakan alumni Akpol 1985 itu.

Namun, Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane menilai tak ada prestasi menonjol yang pernah ditorehkan Kepala BNN, Irjen Pol Heru Winarko selama berada di Institusi kepolisian.

"Prestasinya datar-datar saja dan tidak ada yang menonjol," ujar Neta kepada merahputih.com, Kamis (1/3).

Presiden Jokowi sendiri telah melantik Heru untuk menggantikan Komjen Budi Waseso (buwas) sebagai Kepala BNN. Buwas sendiri akan memasuki masa pensiun pada bulan Maret.

Menurut Neta, Heru juga belum pernah menorehkan prestasi dalam hal pemberantasan narkoba. "Dalam penanganan kasus narkoba juga tidak ada prestasi yang menonjol," ujarnya.

Ia khawatir, dengan minimnya prestasi Heru dalam bidang pemberantasan narkoba akan menghambat program pemerintah yang tengah memerangi narkoba. "Ini akan menjadi kendala tersendiri di saat indonesia sedang diterjang darurat narkoba," jelas Neta. (ayp)

#Heru Winarko #Bnn
Bagikan
Ditulis Oleh

Thomas Kukuh

Bagikan