Jokowi Kantongi Nama Dewan Pengawas KPK, Mahfud: Kalau Disebut Sekarang Bukan Kejutan Menko Polhukam Mahfud MD saat memberikan keterangan pers di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Kamis (12/12/2019). (Antara Foto/Syaiful Hakim)

MerahPutih.com - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD menyebutkan nama-nama calon Dewan Pengawas KPK sudah berada di kantong Presiden Joko Widodo.

Sayangnya, Mahfud enggan membeberkan nama yang dimaksud.

Baca Juga:

Politisi PDIP Wanti-Wanti Wadah Pegawai KPK Tak Kebakaran Jenggot Dengan Dewan Pengawas

"Kalau saya sebut sekarang enggak ada kejutan namanya. Pokoknya sudah ada di kantong Presiden," ujarnya kepada wartawan di Jakarta, Kamis (12/12).

Presiden Joko Widodo seusai menyaksikan pentas #PrestasiTanpaKorupsi di SMK 57 Jakarta, Senin (9/12) (ANTARA/Desca Lidya Natalia)
Presiden Joko Widodo seusai menyaksikan pentas #PrestasiTanpaKorupsi di SMK 57 Jakarta, Senin (9/12) (ANTARA/Desca Lidya Natalia)

Ia mengatakan, kemungkinan ada kejutan dalam komposisi nama-nama Dewan Pengawas.

"Siapa bilang (akan pasti ada kejutan). Saya bilang, biasanya Presiden selalu membuat kejutan," ujar Mahfud.

Dewan Pengawas KPK adalah struktur baru dalam tubuh KPK berdasarkan UU No. 19 tahun 2019 tentang Perubahan UU KPK.

Baca Juga:

Praktisi Hukum Sarankan Presiden Jokowi Segera Buka Nama-Nama Dewan Pengawas KPK

Dewan Pengawas antara lain bertugas untuk mengawasi pelaksanaan tugas dan wewenang KPK, memberikan izin atau tidak memberikan izin penyadapan, penggeledahan, penyitaan, menyusun dan menetapkan kode etik pimpinan dan pegawai KPK, menerima dan laporan dari masyarakat mengenai adanya dugaan pelanggaran kode etik oleh pimpinan dan pegawai dan lainnya.

Mantan Ketua MK Mahfud MD. (MP/Ponco Sulaksono)
Mantan Ketua MK Mahfud MD. (MP/Ponco Sulaksono)

Pasal 69A ayat (l) UU No. 19 tahun 2019 tentang Perubahan UU KPK menyatakan "Ketua dan anggota Dewan Pengawas untuk pertama kalinya ditunjuk dan diangkat oleh Presiden Republik Indonesia". (Knu)

Baca Juga:

PDIP Jamin Takkan Dikte Jokowi Pilih Dewan Pengawas KPK, Cuma Kasih 'Garis'


Tags Artikel Ini

Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH