Jokowi: Kalau Sudah Divaksin Artinya Kita Sudah Kembali Normal Lagi

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 18 Desember 2020
Jokowi: Kalau Sudah Divaksin Artinya Kita Sudah Kembali Normal Lagi
Presiden Jokowi . (Foto: Antara)

Merahputih.com - Presiden Joko Widodo kembali menegaskan akan menjadi orang pertama di Indonesia yang menerima vaksinasi COVID-19, apabila sudah ada izin dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

Hal itu disampaikan Presiden saat memberikan Bantuan Modal Kerja senilai Rp2,4 juta kepada pedagang, di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Jumat (18/12).

Baca Juga:

Liburan Akhir Tahun Diprediksi Picu Penambahan Kasus COVID-19

Presiden menyatakan hal itu untuk meyakinkan pedagang dan publik bahwa vaksinasi aman diberikan jika sudah ada izin BPOM.

"Untuk menunjukkan divaksin tidak apa-apa, sehingga kalau nanti sudah divaksin artinya kita sudah kembali normal lagi," ujar Jokowi disela penyerahan bantuan modal kerja bagi para pedagang di Bogor, Jumat (18/12).

Jokowi
Presiden Presiden Joko Widodo hadir pada Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Kejaksaan Republik Indonesia Tahun 2020 secara virtual di Istana Negara, Jakarta, Senin (14/12/2020). ANTARA/HO-Biropres Setpres/Muchlis Jr/aa. (Handout Biro Pers Sekretariat Presiden)

Jokowi menekankan bahwa untuk menciptakan kekebalan komunal atau herd immunity, diperlukan vaksinasi minimal kepada 70 persen penduduk atau 182 juta jiwa. Oleh sebab itu, proses vaksinasi membutuhkan waktu.

Baca Juga:

Catat! Jokowi Ralat Vaksinasi COVID-19 Semuanya Jadi Gratis

Jokowi menyatakan nantinya vaksinasi rasanya sebagaimana jika digigit semut.

"Tik gitu saja.182 juta bayangkan, banyak sekali memerlukan waktu. Sehingga sekali lagi, begitu besok divaksin, keadaan belum langsung normal, karena butuh waktu untuk vaksin satu-satu," tandas Presiden. (*)

#COVID-19 #Vaksin Covid-19 #Harga Vaksin COVID-19
Bagikan
Bagikan