Jokowi Jilid 1 Gagal Lindungi Anak dari Rokok, Kini Waktunya Menagih Bahaya rokok untuk anak. (Sumber: Pixabay/HansMartinPaul)

MerahPutih.com - Yayasan Lentera Anak bakal menagih komitmen Presiden Joko Widodo (Jokowi) lebih melindungi anak dari bahaya dan dampak buruk rokok dalam masa periode kedua pemerintahannya 2019-2024 mendatang.

"Kami berharap kabinet selanjutnya, Presiden memilih menteri yang mendukung komitmen pemerintah untuk melindungi anak-anak dari zat adiktif rokok," kata Ketua Yayasan Lentera Anak Lisda Sundar, saat dihubungi di Jakarta, Jumat (5/7).

BACA JUGA: 30 Juta Anak Beli Rokok di Indomaret

Lisda menekankan diperlukan kerja dan komitmen seluruh elemen bangsa untuk melindungi anak-anak dari bahaya dan dampak buruk rokok. Apalagi, lanjut dia, periode jilid satu pemerintahan Jokowi terbukti masih gagal melindungi anak-anak dari bahaya dan dampak buruk rokok.

jokowi selfi bareng anak
Jokowi berfoto bersama anak-anak di Taman Nasional Bunaken. (Antaranews)

Menurut Lisda, fakta kegagalan ini terlihat dari kecenderungan prevalensi perokok anak yang meningkat. Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) Nasional menargetkan penurunan prevalensi perokok anak menjadi 5,4 persen. Namun, faktanya berdasarkan Riset Kesehatan Dasar 2018, prevalensi perokok anak justru meningkat menjadi 9,1 persen.

"Kegagalan itu menunjukkan ada yang tidak bekerja untuk mendukung komitmen penurunan prevalensi perokok anak," tegas aktivis perlindungan hak anak itu, dikutip dari Antara.

BACA JUGA: Perokok Usia Anak-Anak Meningkat

Lebih jauh, Lisda menunjukkan bukti kegagalan lainnya sampai saat inii masih ada iklan rokok serta harga rokok yang murah sehingga bisa dengan mudah dibeli anak-anak.

"Itu merupakan salah satu indikator belum ada pelindungan yang cukup kuat. Tahun lalu cukai rokok batal diturunkan dan sekarang kita masih menunggu keberpihakan Kementerian Komunikasi dan Informatika untuk memblokir iklan rokok di internet," tutup dia. (*)

BACA JUGA: Cara Nasihati Anak agar Tidak Merokok


Tags Artikel Ini

Wisnu Cipto

LAINNYA DARI MERAH PUTIH