Jokowi Janji Utamakan TNI dan Tingkatkan Posisi Baru bagi Perwira Presiden Jokowi dan Wapres JK dalam perayaan HUT TNI ke 74 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. (Foto: MP/Kanugrahan)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutan dalam perayaan HUT TNI ke 74 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. Jokowi menegaskan komitmennya mendukung profesionalisme TNI.

Jokowi mengatakan, pemerintah saat ini telah menambah jabatan baru untuk para perwira tinggi TNI.

Baca Juga:

Modernisasi Alutsista TNI di Era Jokowi Dinilai Tak Punya Arah Jelas

"Pemerintah terus berkomitmen untuk mendukung profesionalisme TNI. Pemerintah juga telah menambahkan 60 jabatan perwira tinggi baru untuk mengoptimalkan peran prajurit," kata Jokowi di acara peringatan HUT ke-74 TNI di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (5/10).

Jokowi juga menyiapkan ratusan jabatan baru untuk perwira berpangkat kolonel. Selain itu, ada ratusan jabatan baru juga untuk para perwira tinggi.

Anggota TNI dan Polri yang bertigas di wilayah Jakarta Barat senam bersama dalam peringatan HUT TNI ke-74 di Jakarta, Jumat (4/10/2019). (ANTARA/HO/Polres Metro Jakarta Barat)
Anggota TNI dan Polri yang bertigas di wilayah Jakarta Barat senam bersama dalam peringatan HUT TNI ke-74 di Jakarta, Jumat (4/10/2019). (ANTARA/HO/Polres Metro Jakarta Barat)

"Pemerintah saat ini harmonisasi rancangan peraturan presiden tentang organisasi TNI yang akan menambah lebih dari 450 posisi baru untuk perwira berpangkat kolonel dan 300 lebih posisi baru untuk perwira tinggi TNI," ujar dia.

Selain penambahan jabatan baru, Jokowi juga berjanji menambah alutsista TNI. Hal itu dilakukan agar alutsista Indonesia mencapai kekuatan pokok minimum atau Minimum Essential Force (MEF).

"Pemerintah juga terus menambah jumlah alutsista untuk menambah target kekuatan pokok minimum tahap kedua, peningkatan kemandirian industri pertahanan nasional juga terus diusahakan sebagaimana diamanatkan UU 16 Tahun 2012 serta pendidikan latihan prajurit TNI untuk mendukung profesionalisme TNI," ujar Jokowi.

Baca Juga:

Rayakan HUT ke-74, Prajurit TNI: Kesetiaan Kami Tak Perlu Diragukan

Jokowi juga menyampaikan penghargaan khusus kepada seluruh prajurit TNI yang gugur saat menjalankan tugas. Itu semua, menurut Jokowi, dilakukan demi tegaknya NKRI.

"Rakyat Indonesia selalu bangga kepada saudara semuanya kepada TNI yang selalu berada di baris terdepan dalam menjaga NKRI yang tidak kenal menyerah dalam menjaga kepentingan nasional yang selalu mengedepankan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi, kelompok, dan golongan," ujar dia.

Presiden Jokowi dan Wapres JK dalam perayaan HUT TNI ke 74 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. (Foto: MP/Kanugrahan)
Presiden Jokowi dan Wapres JK dalam perayaan HUT TNI ke 74 di Lanud Halim Perdanakusuma, Jakarta. (Foto: MP/Kanugrahan)

Selain itu, Jokowi berterima kasih atas kerja seluruh prajurit TNI yang selalu aktif membantu rakyat. TNI ditegaskan Jokowi selalu menyatu bersama rakyat.

"Kami juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran TNI yang selalu sigap membantu rakyat di wilayah yang terkena bencana termasuk kebakaran hutan, yang aktif menjaga kelancaran keamanan pemilu serentak tahun 2019, yang selalu membanggakan dalam penugasan PBB di berbagai penjuru di dunia, yang memastikan negara hadir di daerah-daerah terpencil di daerah perbatasan dan pulau terluar Indonesia dan yang selalu manunggal dengan rakyat," ujar Presiden Jokowi. (Knu)

Baca Juga:

HUT ke-74 TNI, Polresta Surakarta Serbu Makodim Berikan Nasi Tumpeng dan Kue



Zulfikar Sy

LAINNYA DARI MERAH PUTIH