Jokowi Ingin Pasar Wouma Selesai Diperbaiki Dalam Tempo Dua Minggu Suasana presiden dan rombongan tiba di Jembatan Youtefa (ANTARA/Musa Abubar)

Merahputih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) didampingi sejumlah menteri mengunjungi Pasar Wouma, di Wamena, Kabupaten Jayawijaya, Papua. Jokowi mengaku menyaksikan jejak kerusuhan yang terjadi di Wamena beberapa waktu lalu.

“Pasar Wouma ini tempat rakyat menjual produk-produk pertanian yang dihasilkan masyarakat Wamena dan sekitarnya, berupa sayur, buah-buahan, juga barang-barang logistik,” kata Jokowi dalam keterangannya, Senin (28/10).

Baca Juga

Mendagri Bakal Cek dan Evaluasi Dana Otsus di Papua

Jokowi mengatakan, rehabilitasi pasar perlu jadi prioritas. “Saya ingin Pasar Wouma segera diperbaiki dan rampung dalam tempo dua minggu, agar kegiatan ekonomi di Wamena kembali pulih,” tegas Jokowi,

Selain pasar, Jokowi juga telah memerintahkan jajaran pemerintah untuk merehabilitasi rumah dan ruko yang rusak. Perbaikannya, lanjut Presiden Jokowi, dikerjakan secara swakelola, bekerja sama dengan Zeni TNI AD dan BUMN, agar lebih cepat.

Suasana Presiden Jokowi tiba di Jembatan Youtefa (ANTARA/Musa Abubar)

Adapun rehabilitasi kantor Bupati Jayawijaya, menurut Presiden, akan dikerjakan oleh Kementerian PUPR.

“Kita semua ingin agar suasana Papua kembali normal. Kejadian kemarin kita jadikan pelajaran yang baik. Sekarang, mari bersatu membangun Tanah Papua,” kata Jokowi.

Dalam kesempatan tersebut, Jokowi mengimbau seluruh masyarakat belajar dari pengalaman kerusuhan di Wamena untuk tetap bersatu. Komitmen persatuan dibutuhkan agar kesejahteraan dan kemakmuran dapat cepat diperoleh.

Baca Juga:

Presiden Jokowi Padukan Sipil dan Militer di Kabinet Demi Keseimbangan

Dia juga menjamin TNI dan Polri menjaga keamanan agar roda perekonomian di Wamena kembali normal.

“Indonesia adalah negara besar. Kalau ada masalah, ada problem, kita selesaikan," kata dia. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH