Jokowi Ingin Corona Tuntas Secepatnya, Pengamat: Semua Elemen Harusnya Peka

Zulfikar SyZulfikar Sy - Kamis, 07 Mei 2020
Jokowi Ingin Corona Tuntas Secepatnya, Pengamat: Semua Elemen Harusnya Peka
Ilustrasi. (Foto: MP/pixabay.com/fernandozhiminaicela)

MerahPutih.com - Pengamat Karyono Wibowo menilai, harapan Presiden Joko Widodo (Jokowi) agar kurva virus corona atau COVID-19 menurun harus diwujudkan bersama-sama.

Menurut Karyono, pada hakikatnya, pernyataan Presiden Jokowi menyiratkan suatu keinginan agar masalah COVID-19 diselesaikan secepat-cepatnya.

Baca Juga:

DPRD Minta Pemprov DKI Tampung Data RT/RW Perbaiki Penyaluran Sembako

"Keinginan kuat itu ditandai adanya instruksi presiden kepada seluruh jajaran pemerintahan, TNI, Polri agar mengerahkan semua instrumen dan menggunakan berbagai cara untuk mengatasi COVID-19 ini," tutur Karyono kepada wartawan, Rabu (6/5).

Di sisi lain, lanjut dia, presiden juga mengimbau kepada seluruh komponen bangsa agar bersatu dan gotong-royong menangani pandemi corona. Benar apa yang disampaikan presiden bahwa persatuan dan gotong-royong menjadi kata kunci keberhasilan melawan COVID-19.

Presiden Joko Widodo. ANTARA PHOTO/HO-Sekretariat Presiden/Kris/aww.
Presiden Joko Widodo. ANTARA PHOTO/HO-Sekretariat Presiden/Kris/aww.

Setiap hari ratusan orang terpapar virus ini dalam sebulan terakhir. Update data COVID-19 dalam 3 hari belakangan menunjukkan penambahan kasus berkisar antara tiga ratusan sampai empat ratusan orang.

Data per hari Minggu (3/5/2020), 12.00 WIB terjadi penambahan kasus sebesar 349 kasus baru COVID-19. Jumlah total kasus secara nasional 11.192. Pada Senin, (4/5/2020) pk.12.00 WIB terjadi penambahan sebesar 395 kasus baru Covid-19. Total kasus secara nasional menjadi 11.587. Update data Selasa (5/5), pk.12.00 WIB ada penambahan 484 kasus baru.

Menurutnya, data tersebut harus memacu pemerintah untuk segera menuntaskan masalah ini.

Baca Juga:

Jubir Pemerintah Tegaskan PSBB Bukan untuk Atur Gerak-gerik Warga

Oleh karena itu, instruksi presiden agar kurva virus corona menurun di bulan ini menjadi tantangan bagi jajaran yang berwenang dan bagi masyarakat untuk berpartisipasi.

"Agar wabah ini segera berakhir, maka tidak ada cara lain kecuali seluruh jajaran pemerintahan, TNI, Polri, perlu segera melaksanakan instruksi presiden dalam tataran aksi nyata. Di saat yang bersamaan, seluruh komponen bangsa bahu-membahu melawan virus corona," pungkasnya. (Knu)

Baca Juga:

Menhub Bakal Longgarkan Transportasi Massal, KRL Ikut PSBB

#Virus Corona #COVID-19 #Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Zulfikar Sy

Tukang sihir
Bagikan