Jokowi Ingatkan Proses Perizinan Harus Hitungan Jam

Alwan Ridha RamdaniAlwan Ridha Ramdani - Kamis, 23 Februari 2023
Jokowi Ingatkan Proses Perizinan Harus Hitungan Jam
Presiden Joko Widodo menghadiri Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2023.

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara Iriana melanjutkan kegiatan kunjungan kerjanya di Kalimantan Timur, Kamis, untuk menghadiri Peresmian Pembukaan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) Tahun 2023 di Balikpapan.

Presiden Joko Widodo meminta urusan perizinan investasi dapat diselesaikan dalam hitungan jam, tidak lagi berbulan-bulan seperti yang masih terjadi saat ini.

Baca Juga:

Investasi Lebih Mudah dengan Reksa Dana Unggulan

"Cek kembali mengenai kemudahan perizinan, cek kembali, karena kita dalam praktiknya masih lama, masih berada di angka 260-an hari, masih lama kita. Hitungannya itu harusnya kalau yang namanya izin, zaman digital seperti ini harusnya jam, jangan berbulan-bulan," kata Joko Widodo.

Dia mengatakan, sudah berkali-kali mengingatkan mengenai iklim investasi. Menurutnya, kunci pertumbuhan ekonomi bagi semua negara adalah investasi.

"Sekarang ini yang paling penting satu, bagaimana investasi itu masuk. Dan semua negara memperebutkan yang namanya investasi, nggak ada negara yang (tidak berebut), semua berebut investasi,” kata dia.

Jokowi meminta para gubernur mengecek kembali, kemudahan perizinan di wilayah masing-masing.

Ia tidak ingin perizinan investasi baru keluar setelah berbulan-bulan. Menurutnya dengan digitalisasi maka perizinan investasi semestinya bisa dipermudah dan dipercepat.

"Saya ketemu gubernur, wakil gubernur dan sekretaris daerah untuk izin-izin masalah ini, jangan ada yang dihambat, karena menyangkut belanja masyarakat. Enggak apa-apa digunakan untuk nonton konser, nonton sepakbola, biarkan 'spending' masyarakat," katanya.

Baca Juga:

Indonesia Berkomitmen Tingkatkan Kerja Sama Investasi dengan Tiongkok

#Breaking #Pemulihan Ekonomi #Jokowi
Bagikan
Bagikan