Habibie Mengingatkan Kita Semua Jadi Manusia Terbaik Presiden Jokowi di depan jenazah BJ Habibie (Foto: Rusman - Biro Pers Sekretariat Presiden0

Merahputih.com - Presiden Joko Widodo menilai jasa BJ Habibie ketika menjadi Presiden begitu berdampak pada kehidupan berdemokrasi di Indonesia. Pasalnya, di era Habibie dulu, kebebasan pers dan berpendapat dalam politik, bisa terjadi.

"Kita juga tidak akan pernah lupa jasa beliau ketika menjadi Presiden Republik Indonesia yang saat itu beliau dengan cepat meletakkan serta menguatkan pondasi demokrasi Indonesia yang kita semua turut nikmati hingga saat ini," kata Jokowi di TMP Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (12/9).

Baca Juga

BJ Habibie Tutup Usia, Warga Solo dan Perwakilan Berbagai Suku Adakan Doa Bersama

Jokowi mengatakan Habibie adalah negarawan yang terus memikirkan kebaikan bangsa Indonesia.

"Almarhum tidak hanya berpikir diri sendiri namun berpikir apa saja yang terjadi bukan saja tentang apa yang terjadi saat ini, bukan juga hanya untuk 1-2 tahun mendatang. Beliau berpikir untuk 50 tahun ke depan, 100 tahun ke depan, hingga Indonesia bisa tinggal landas," ujar dia

Selain itu, Habibie juga mengajarkan kepada masyarakat Indonesia untuk terus maju.

"Almarhum di masa senjanya, almarhum tanpa lelah terus mengingatkan kita semua jadi manusia terbaik Indonesia, beliau terus mengingatkan kita untuk menjadi manusia-manusia yang selalu berhati Indonesia. Beliau selalu mengingatkan SDM Indonesia dikuatkan dengan agama, ilmu pengetahuan, dan kebudayaan," ungkap dia.

Presiden Joko Widodo (kanan) selaku Inspektur Upacara meletakkan karangan bunga di makam almarhum Presiden ke-3 Republik Indonesia BJ saat upacara pemakaman di Taman Makam Pahlawan Nasional Utama Kalibata, Jakarta, Kamis (12/9/2019). BJ Habibie meninggal dunia pada hari Rabu (11/9/2019) pukul 18.05 WIB setelah menjalani perawatan di RSPAD. ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/foc.

Jokowi mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk mengucapkan terima kasih dan memberi penghormatan tertinggi atas darma bakti almarhum terhadap bangsa dan negara.

"Mengajak untuk mendoakan almarhum agar ditempatkan di sisi terbaik Allah SWT dan khusnul khatimah," sambungnya.

Selain Jokowi, Wakil Presiden Jusuf Kalla serta para mantan presiden dan wakil presiden ikut hadir dalam upacara pemakaman ini. Presiden keenam RI Susilo Bambang Yudhoyono hadir bersama kedua putra Agus Harimurti Yudhoyono dan Edhie Baskoro Yudhoyono. Presiden kelima Megawati Soekarnoputri juga datang ke TMP Kalibata.

Baca Juga

Habibie Buka Pintu Demokrasi Kemerdekaan Pers

Selain itu, istri presiden keempat Abdurrahman Wahid, Sinta Nuriyah, juga datang bersama kedua putri Yenny Wahid dan Anita Wahid.

Mantan wakil presiden Boediono, Try Sutrisno, dan Hamzah Haz juga tampak ikut melepas Habibie ke tempat peristirahatan terakhir. Selain itu, hadir juga para menteri, kepala lembaga, anggota DPR, hingga masyarakat umum. Habibie wafat Rabu (11/9) pukul 18.03 WIB. (Knu)


Tags Artikel Ini

Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH