Jokowi: Gara-Gara Bola, Saya Pusing Dua Minggu Ini

Zulfikar SyZulfikar Sy - Minggu, 02 April 2023
Jokowi: Gara-Gara Bola, Saya Pusing Dua Minggu Ini
Presiden Jokowi dalam acara silaturahmi Ramadhan yang digelar oleh PAN di Kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PAN Jakarta pada Minggu (2/4/2023). ANTARA/Desca Lidya Natalia

MerahPutih.com - FIFA telah membatalkan status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Pembatalan itu salah satunya disebabkan oleh penolakan dari berbagai pihak terkait rencana kehadiran Timnas Israel di Indonesia.

Persoalan yang timbul menjelang ajang Piala Dunia U-20 itu mendapatkan perhatian dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Bahkan, Jokowi mengaku sempat dibuat pusing agar ajang bergengsi itu bisa tetap digelar di Indonesia.

"Yang urusan bola ini memang pusing, saya dua minggu ini gara-gara bola, pusing betul," kata Jokowi dalam sambutannya di acara silaturahmi Ramadan di kantor DPP Partai Amanat Nasional (PAN), Jakarta, Minggu (2/4).

Baca Juga:

NasDem Tak Diundang dalam Silaturahmi Parpol Pro Pemerintah Bareng Jokowi

Jokowi mengungkapkan, berbagai upaya telah dilakukan pemerintah agar Indonesia menyandang status sebagai tuan rumah. Sebab, Indonesia harus bersaing dengan negara-negara lain yang juga mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia.

"Sangat sulit sekali untuk bisa menjadi tuan rumah, itu yang mengajukan bukan satu dua tiga, puluhan negara mengajukan dan kita juga ikut mengajukan, lobi sana lobi sini menyampaikan kesiapan infrastruktur dan fasilitas-fasilitas kita," ungkapnya.

Jokowo melanjutkan, akhirnya Indonesia bisa mengungguli tiga negara dan berhasil terpilih menjadi tuan rumah. Setelahnya, Indonesia mempersiapkan segalanya selama tiga tahun terakhir.

"Lapangannya dicek, perbaiki, dicek lagi, diperbaiki, dicek lagi, tidak semudah itu. Dan saat ini menandatangani Government Guarantee dan Hostly di situ sudah tercantum semuanya apa-apa yang harus kita komitmen kan dan kita tanda tangan," bebernya.

Baca Juga:

Heru Budi Angkat Bicara Tanggapi Keluhan Jokowi Soal Macet di Jakarta

Selain itu, kata mantan Gubernur DKI Jakarta ini, seluruh provinsi maupun kota yang ditunjuk sebagai penyelenggara tuan rumah Piala Dunia telah meneken komitmen.

"Provinsi maupun kota yang ditunjuk itu juga ada tanda tangan city house, komitmen ada semuanya tanda tangan tanda tangan," imbuhnya.

Namun, Jokowi melanjutkan, menjelang detik-detik perhelatan Piala Dunia U-20 akan digelar justru muncul dinamika terkait penolakan terhadap kehadiran Timnas Israel.

"Memang itu sudah menjadi kehendak Allah kita terima sebagai sebuah pembelajaran ke depan agar tidak terjadi lagi, itu saja yang bisa kita ambil pelajaran dari urusan bola. Tetapi, haduh pusing, pusing betul ngurus bola," tutup Jokowi. (Pon)

Baca Juga:

Timnas Indonesia U-20 akan Temui Jokowi di Istana

#Presiden Jokowi
Bagikan
Ditulis Oleh

Ponco Sulaksono

Bagikan