Jokowi Direncanakan Resmikan Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi

Luhung SaptoLuhung Sapto - Selasa, 01 Agustus 2017
Jokowi Direncanakan Resmikan Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi
Presiden Joko Widodo (Foto Setkab)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo direncanakan akan meresmikan Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi, November 2017.

"Seperti rencana, Presiden Jokowi (Joko Widodo) meresmikan Jalan Tol Medan-Tebing Tinggi November nanti, sehingga penyelesaian proyek itu harus didukung penuh," ujar Wakil Gubernur Sumut Nurhajizah Marpaung di Medan, Sumatera Utara, Senin (31/7).

Wagub menegaskan, agar pembangunan jalan tol bisa tuntas sesuai rencana, maka segala hambatan proyek harus dituntaskan khususnya menyangkut pembebasan lahan.

"Kalau ada masalah pembebasan lahan harus segera dituntaskan segera sehingga tidak ada hambatan pembangunan lagi," katanya.

Nurhajizah meminta Kanwil Badan Pertanahan Nasional (BPN) Sumut memprioritaskan penyelesaian proses pembebasan lahan untuk jalan tol itu.

Pembangunan jalan tol Medan-Tebing Tinggi memang diharapkan sesuai waktu karena Presiden Joko Widodo juga akan sekaligus meresmikan Bandara Silangit menjadi bandara internasional.

Untuk pembangunan Bandara Silangit yang akan dikerjakan investor dari Republik Rakyat Tiongkok, katanya, Pemprov Sumut ditargetkan bisa membebaskan lahan seluas 4.000 meter dalam satu bulan.

Adapun pengerjaannya ditargetkan bisa selesai dalam dua bulan.

Kepala Bidang Pengadaan Tanah Kanwil BPN Sumut, Sri Puspita Dewi, mengatakan, pembebasan lahan untuk jalan Tol Medan-Tebing Tinggi sudah hampir tuntas.

Dia menyebutkan, hanya tinggal Seksi 7, yakni dari kawasan Sei Rampah ke Tebing Tinggi yang masih belum tuntas.

"BPN mengusahakan pembebasan lahan Sei Rampah -Tebing Tinggi itu tuntas segera," kata Dewi.

Dewi mengakui, pembebasan lahan Tol Medan-Binjai yang hingga saat ini masih bermasalah.

Menurut dia, di proyek Jalan Tol Medan-Binjai itu, masih ada sebanyak 379 kepala keluarga yang belum mau dibebaskan untuk Seksi Wilayah Tanjung Mulia. (*)

Sumber: ANTARA

#Pembangunan Jalan Tol #Presiden Joko Widodo
Bagikan
Ditulis Oleh

Luhung Sapto

Penggemar Jones, Penjelajah, suka makan dan antimasak
Bagikan