Jokowi Diprediksi Lewati Perolehan Suara SBY di Pemilu 2009

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Jumat, 12 April 2019
Jokowi Diprediksi Lewati Perolehan Suara SBY di Pemilu 2009
Jokowi-Ma'ruf Amin v Prabowo-Sandiaga. Foto: net

Merahputih.com - Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebut elektabilitas Joko Widodo-Ma'ruf Amin bisa saja menyentuh angka 65,8 persen di Pilpres 2019.

Jika bisa menyentuh angka tersebut, rekor perolehan suara Jokowi-Maruf bisa memecahkan rekor yang sampai saat ini dipegang Susilo Bambang Yudhoyono yang berpasangan dengan Boediono di Pilpres 2009.

"Jokowi-Ma'ruf berpotensi bisa pecahkan telur rekor yang masih dipegang oleh SBY pada 2009. Karena survei kami menunjukkan batas atas Jokowi ada 65,8 persen," kata Peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa dalam keterangannya, Jumat (12/4).

Ardian Sopa mengatakan, rentang elektabilitas Jokowi-Ma'ruf berada di angka 55,9-65,8 persen. Sementara pasangan Prabowo Subianto-Sandiaga Uno elektabilitasnya di rentang 34,2 persen dan 44,1 persen. Menurutnya, jika Jokowi-Ma'ruf mendapat suara di batas bawah yakni 55,9 persen dan Prabowo-Sandi di atas 44,1 persen, selisihnya masih tinggi.

Peneliti LSI Ardian Sopa. Foto: MP/Kanugrahan

Karena itu Ardian memperkirakan Jokowi-Ma'ruf bakal menang telak. "Jokowi-Maruf diproyeksikan tetap menang telak dengan selisih diatas dua digit," ujar Ardian.

Seperti diketahui, Jokowi-Maruf di ambang menang telak dengan selisih dukungan terhadap Prabowo-Sandi diatas dua digit. Lima hari menjelang pencoblosan, dukungan Jokowi-Maruf dalam rentang 55.9 %-65.8 %. Sementara Prabowo-Sandi memperoleh dukungan dalam rentang 34.2 % - 44.1 %.

Artinya jika elektabilitas Jokowi-Maruf menggunakan batas bawah elektabilitas saat ini 55.9 %, dan Prabowo-Sandi menggunakan batas atas 44.1 %, Jokowi-Maruf diproyeksikan tetap menang telak dengan selisih diatas dua digit. (Knu)

#Hasil Survei #Jokowi-Ma'ruf Amin #Prabowo-Sandiaga
Bagikan
Bagikan