Jokowi Diprediksi Bakal Mereshuffle Menteri di Bidang Ekonomi Presiden Joko Widodo di sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah, Jumat (14/2/2020). (ANTARA/HO Biro Pers Istana)

Merahputih.com - Pengamat politik Adi Prayitno memprediksi Presiden Jokowi bakal mereshuffle jajaran menterinya dalam waktu dekat. Menteri yang bakal kena reshuffle adalah menteri di bagian ekonomi.

"Menteri Ekonomi saya kira jadi sorotan dan catatan penting," kata Adi kepada wartawan di Jakarta, Senin (24/2).

Baca Juga:

100 Hari Kerja, Jokowi-Ma'ruf Dinilai Hanya Fokus Bagi-Bagi Jabatan

Masyarakat kesulitan menjangkau harga yang tak menentu. "Kadang turun naik. Dan kedua, misalnya pertumbuhan ekonomi yang berhenti di 5 persen. Ketiga banyak masyarkat bilang untuk dapat kerja susah," katanya.

Adi menegaskan tiga indikator itu membuat kinerja di bidang ekonomi Presiden Jokowi kurang memuaskan. "Ini (ekonomi) yang menonjol, lalu baru hukum, politik dan aspek agama. Tapi kalau diranking, persoalan utama yang mencuat dalam 100 hari adalah ekonomi," terangnya.

Presiden Jokowi perintahkan Kapolri tindak tegas pelaku intoleransi
Presiden Jokowi ANTARA FOTO/Akbar N Gumay.

Faktor ketiga, banyak masyarakat yang mengatakan untuk mendapatkan pekerjaan, cukup susah dalam era Jokowi-Ma'ruf.

"Tiga indikator inilah yang kemudian membuat kinerja di bidang ekonomi periode Jokowi ini kurang memuaskan. Ini yang sangat menonjol. Baru kemudian aspek hukum dan politik lalu aspek agama dan lainnya, namun persoalan yang paling kuat adalah ekonomi," jelas Adi.

Baca Juga:

100 Hari Jokowi-Ma'ruf, Penegakan Hukum Stagnan

Menurutnya, harapan publik terhadap Jokowi relatif stagnan. Bahkan cenderung menurun meskipun sedikit. Penyebabnya, karena belum ada gebrakan di bidang ekonomi.

"Menteri-menteri ekonomi sekira menjadi sorotan karena kinerja di bidang ekonomi itu mendapatkan sorotan publik," pungkasnya. (Knu)



Angga Yudha Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH