Jokowi Diprediksi Akan Pertahankan Tiga Menteri Ini Gibran (kedua kanan) bersama ayahnya Presiden Jokowi di Solo. (MP/Albi)

MerahPutih.com - Pengamat komunikasi politik Silvanus Alvin menilai sebagian menteri yang saat ini ikut bekerja dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi) kemungkinan besar masih akan tetap dipertahankan dalam pemerintahannya pada periode 2019-2024.

"Saya melihat Jokowi tidak akan terlalu merombak penuh menteri-menteri yang ada di kabinetnya saat ini," kata Alvin lewat pesan singkat kepada MerahPutih.com, Selasa (20/8).

Baca Juga: Analis Politik Prediksi Jokowi Bakal Tepati Janjinya Soal Penempatan Anak Muda dalam Kabinet

Alvin menjelaskan, beberapa pertimbangan yang membuat Jokowi mempertahankan 'anak buahnya' di kabinet mendatang. Pertama, kata Alvin, Jokowi ingin menteri yang memang sudah paham 'medan'. "Jokowi tidak mau coba-coba untuk pemerintahannya 5 tahun ke depan," ujar dia.

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Foto Antara/Joko Sulistyo)
Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti (Foto Antara/Joko Sulistyo)

Pertimbangan kedua, menurut Alvin, jika perombakan menteri terlalu banyak dikhawatirkan akan menimbulkan reaksi negatif dari publik. "Yang ada nanti malah kegaduhan, dan tentu Jokowi enggan mengurusi gaduh politik akibat perombakan menteri," sambung dia.

Kemudian, lanjut Alvin, rasa trust yang selama ini sudah dibangun antara Jokowi dan para menteri menurutnya tidak mudah begitu saja dilupakan. "Sama dengan orang pada umumnya, tentu kita akan nyaman bersama yang sudah kita percayai ketimbang orang baru," kata dia.

Baca Juga: Lawan Jadi Kawan dan Riak Pemberontakan di Koalisi Jokowi

Alvin memprediksi ada tiga nama menteri yang akan tetap dipertahankan oleh Jokowi. Mereka yakni, Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti dan Menteri Koordinator bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan.

"Dari pengamatan saya, nama Sri Mulyani akan tetap jadi menteri yang mengurus perekonomian di Indonesia. Kemudian juga nama Susi Pudjiastuti yang populer di kalangan publik kemungkinan besar akan tetap dipertahankan Jokowi," jelas dia.

Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)
Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

"Selanjutnya, Luhut Binsar Pandjaitan saya lihat juga akan tetap jadi orang kepercayaan Jokowi di kabinet mendatang dan akan mengisi jabatan menteri yang strategis," kata Alvin menambahkan.

Alvin juga memprediksi menteri-menteri yang berasal dari kalangan partai politik terancam untuk diganti. Menurutnya, mereka diganti lantaran akan ada nama baru untuk menteri dari unsur partai. "Jabatan yang mereka terima itu jabatan politis, jadi sulit rasanya mempertahankan jabatan tersebut," imbuhnya.

Baca Juga: Pengamat Sebut Megawati Akan Tetap Menjabat Ketum PDIP Seumur Hidup

Namun, kata dia, menteri-menteri yang berasal dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) kemungkinan besar akan dipertahankan. Pasalnya, PDIP merupakan partai pengusung utama Jokowi.

"Dan Bu Mega di Kongres PDIP lalu juga sudah memberikan pesan 'titipan' ke Jokowi secara terbuka. Tidak peduli betapa independen Jokowi, pasti dia akan mempertimbangkan pesan Mega itu," pungkas Alvin. (Pon)

Baca Juga: Jangan Kebiri Hak Politik Anak-anak Jokowi

Kredit : ponco


Zaimul Haq Elfan Habib

LAINNYA DARI MERAH PUTIH