Jokowi Dipastikan Tidak Hadir di KPK Presiden Joko Widodo (ANTARA/Bayu Prasetyo)

MerahPutih.com - Presiden Joko Widodo (Jokowi) tak menghadiri acara Hari Antikorupsi Sedunia (Hakordia) yang digelar di Gedung Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jakarta, Senin (9/12)

Juru Bicara KPK Febri Diansyah menyatakan Wakil Presiden Ma'ruf Amin yang dijadwalkan hadir dalam peringatan Hari Antikorupsi Sedunia tahun ini. Acara dimulai pukul 09.00 WIB sampai 12.00 WIB.

Baca Juga

Ketua KPK: 2019 Tahun yang Berat

"Teragendakan Wapres hari ini," kata Febri kepada wartawan, Senin (9/12)

Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Fadjroel Rahman mengatakan Jokowi dijadwalkan menghadiri pentas Prestasi Tanpa Korupsi di SMKN 57, Jakarta.

"Presiden akan berkunjung ke SMK Negeri 57," ujar Fadjroel.

Jubir KPK Febri Diansyah. (MP/Ponco Sulaksono)
Jubir KPK Febri Diansyah. (MP/Ponco Sulaksono)

Sebelumnya Ketua KPK Agus Rahardjo mengaku pihaknya telah mengundang Jokowi untuk menghadiri acara tersebut. Namun, lembaga antirasuah masih menunggu kepastian kehadiran Jokowi pada acara tersebut.

"Sebetulnya kehadiran beliau (Jokowi) pasti kami sangat harapkan," kata Agus dalam jumpa pers di Gedung KPK, Kuningan, Jakarta, Jumat (6/12).

Baca Juga

Ketua KPK Dicopot dari Jabatannya, Polri: Menuju SDM Unggul dan Promoter

Berlakunya UU nomor 19 tahun 2019 tentang perubahan atas UU nomor 30 tahun 2002 membuat hubungan KPK dan Jokowi panas dingin. KPK menilai terdapat sekitar 26 poin dalam UU baru tersebut yang melemahkan kelembagaan KPK dan upaya pemberantasan korupsi.

Apalagi, sejak penyusunan hingga UU tersebut disahkan, KPK selaku pelaksana UU tidak pernah dilibatkan. Bahkan, surat yang disampaikan pimpinan KPK untuk meminta Jokowi tak membahas revisi UU KPK, tidak direspon pihak Istana.

Jokowi dalam dua tahun terakhir ini selalu menghadiri peringatan Hari Antikorupsi yang dihelat KPK. Mantan gubernur DKI Jakarta itu hadir saat peringatan Hari Antikorupsi Sedunia pada 2017 lalu.

Baca Juga

Novel Baswedan Mundur dari KPK?

Kemudian, Jokowi juga hadir pada puncak Hari Antikorupsi Sedunia pada 2018. Ketika itu, ia mengatakan pemberantasan korupsi harus ditingkatkan, baik penindakan maupun pencegahan.

"Pemberantasan korupsi harus ditingkatkan terus, baik berupa penindakan maupun pencegahan," kata Jokowi. (Pon)

Kredit : ponco


Andika Pratama

LAINNYA DARI MERAH PUTIH