Jokowi Dinilai Ikuti Saran Rizal Ramli Atasi Dampak Corona Terhadap Ekonomi Indonesia

Angga Yudha PratamaAngga Yudha Pratama - Selasa, 24 Maret 2020
Jokowi Dinilai Ikuti Saran Rizal Ramli Atasi Dampak Corona Terhadap Ekonomi Indonesia
Mantan Menteri Koordinator bidang Perekonomian Rizal Ramli di Kampus IAIN Surakarta, Jawa Tengah, Kamis (7/11). (MP/Ismail)

Merahputih.com - Direktur Eksekutif Political and Public Policy Studies Jerry Massie mengapresiasi sikap Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang pada akhirnya mau mengikuti sebagian saran ekonom senior, Rizal Ramli, dalam mengatasi dampak virus corona terhadap perekonomian Indonesia.

Jerry berpendapat, kini Presiden Jokowi sudah mulai bergerak persis sesuai saran Rizal Ramli yang juga mantan Menko Maritimnya ini. Terutama dalam hal realokasi anggaran pemerintahan untuk ketiga sektor: kesehatan, pangan, dan daya beli.

"Pertama, untuk mengalokasikan (realokasi) anggaran di sektor kesehatan. Tiga hari setelah Rizal Ramli bicara di TV, Presiden Jokowi akhirnya pada 20 Maret 2020 menerbitkan Instruksi Presiden (Inpres) No 20 tahun 2020. Inpres tersebut adalah tentang "Refocussing Kegiatan, Realokasi Anggaran, serta Pengadaan Barang dan Jasa dalam Rangka Percepatan Penanganan Corona" yang ditujukan untuk seluruh kementerian-lembaga dan Pemda," ungkap Jerry Massie.

Kedua, sambung Jerry, untuk sektor pangan. Sehari setelah acara ILC yang hadirkan Rizal Ramli, Jokowi pada 18 Maret 2020 langsung blusukan ke Gudang Bulog untuk memastikan ketersediaan bahan pangan utamanya beras dan meminta Dirut Bulog segera lakukan operasi pasar.

"Ketiga, untuk daya beli masyarakat miskin. Pada 22 Maret 2020, empat hari setelah Rizal Ramli bicara, Juru Bicara Presiden Fadjroel Rachman akhirnya menyatakan, pemerintah akan menjamin perekonomian masyarakat yang terdampak wabah Covid-19," tutur Jerry.

Melihat dari fakta bahwa kebijakan Presiden Jokowi dalam menangani dampak dari virus corona terhadap perekonomian Indonesia yang ternyata selaras dengan usulan Rizal Ramli, Jerry lantas mempertanyakan kinerja para menteri di bidang ekonomi dalam memberi kontribusi mengatasi persoalan ekonomi yang sangat serius.

"Bila benar ternyata Jokowi diam-diam (tanpa kasih kredit) nurut arahan Rizal Ramli yang notabene bukan bagian pemerintah, lalu selama ini para menteri ekonomi itu sebenarnya gunanya apa?" tukas Jerry.

Jerry justru berpendapat, di tengah perekonomian yang sedang dirundung masalah, Presiden Jokowi sebenarnya sangat merindukan sosok Rizal Ramli yang memiliki banyak terobosan dalam melewati badai perekonomian yang sedang mengguncang negeri ini.

"Bukan saja dampak ekonomi dari virus corona, economic crisis, rupiah terpuruk-pun RR bisa membantu lewat point of view sudut pandang pemikirannya. Saya percaya Jokowi merindukan sosok pemikir seperti RR. Sebab, RR ekonom nomor satu Indonesia yang all around mulai dari financial, operational managment, macroeconomics and microeconomics," tandas Jerry Massie. (*)

Bagikan
Bagikan